Nilai-nilai pendidikan tauhid dalam Kitab At-Tauhid Lish Shaffil Awwal Al-'Aliy karya Dr. Shalih bin Fauzan bin Abdullah Al-Fauzan

AlFajar, Muhammad Lutfi (2016) Nilai-nilai pendidikan tauhid dalam Kitab At-Tauhid Lish Shaffil Awwal Al-'Aliy karya Dr. Shalih bin Fauzan bin Abdullah Al-Fauzan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
12110207.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA:

Nilai dapat diartikan sebagai prinsip-prinsip sosial, tujuan-tujuan atau standar yang dipakai atau diterima oleh individu, kelas, masyarakat dan lain-lain. Sebuah pendidikan akan selalu berkaitan dengan nilai-nilai itu sendiri karena nilai adalah suatu yang berharga dan bisa dijadikan sebagai pedoman untuk masa depan. Kemudian dalam urusan agama, Islam lebih memprioritaskan agar setiap muslim memahami akan esensi nilai-nilai pendidikan tauhid untuk diterapkan dalam kehidupan mereka sehari-hari. Kitab At-Tauhid Lish Shaffil Awwal Al-‘Aliy adalah sebuah tulisan yang di dalamnya membahas seputar aqidah dan ketauhidan yang bisa dijadikan sebagai rujukan pembelajaran tauhid bagi setiap muslim.

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan tauhid yang terkandung dalam kitab At-Tauhid Lish Shaffil Awwal Al-‘Aliy. (2) Untuk mengetahui implikasi nilai pendidikan tauhid dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian filosofis dengan jenis penelitian library research yang dilakukan dengan cara mengumpulkan beberapa literatur yang berkaitan dengan objek penelitian. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang kompleks, memaparkan data dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) ada tiga nilai utama pendidikan tauhid di dalam kitab At-Tauhid Lish Shaffil Awwal Al-‘Aliy, yaitu nilai-nilai perilaku seorang muslim dalam hubungannya kepada Allah SWT, diri sendiri dan sesama manusia (2) ada dua belas implikasi nilai-nilai pendidikan tauhid dalam kehidupan sehari-hari yaitu ditinjau dari segi nilai rububiyah, uluhiyah, asma’ wa shifat, taat kepada Allah, ihsan kepada Allah, aqidah shahihah, shahihul ibadah, konsekuen syahadatain, manhaj salaf, dakwah tauhid, ihsan kepada manusia dan wala’ wal bara’.

INGGRIS

Value can be defined as the social principles, goals or standards used or accepted by an individual, class, community and others. An education will always be related to it's own values because the value is a valuable and can be used as a guide for the future. Then in the affairs of a religion, Islam is more prioritizing so that every muslim understands will be the essence of the educational values of tawheed in their daily lives. At-Tawheed Lish Shaffil Awwal Al-'Aliy was writing in it discusses about aqeedah and whence are can serve as a reference for any unity of muslim learning.

The purpose of this study is to: (1) to describe the educational values of unity contained in the book At-Tawheed Lish Shaffil Awwal Al-‘Aliy. (2) to make clear the implications of educational value of unity in everyday life.

To achieve the objectives above, the philosophical research approach used with this type of research library research conducted by way of collecting some of the literature relating to the object of research. The data were analyzed by means of the reduction of complex data, exposing the data and draw conclusions.

The results showed that (1) there are three main educational values of tawheed in the book At-Tawheed Lish Shaffil Awwal Al-'Aliy, i.e. the values of the muslim's behavior in relation to God Almighty, ourselves and our fellow human beings (2) there are twelve implications of educational values of unity in everyday life, namely in terms of value uluhiyah, rububiyah, asma ' wa shifat, obey God, ihsan to God, aqeedah shahihah, shahihul ibadah, consequently syahadatain, manhaj salaf, preaching tawheed, ihsan to man and wala ' wal bara '.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mujtahid, Mujtahid
Keywords: Nilai; Pendidikan Tauhid; At-Tauhid Lish Shaffil Awwal Al-‘Aliy; Value; Education of Tawheed; At-Tawheed Lish Shaffil Awwal Al-‘Aliy
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arfan Trisna Rizkydian
Date Deposited: 25 Aug 2016 02:25
Last Modified: 05 Jan 2017 04:07
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4626

Actions (login required)

View Item View Item