Responsive Banner

Implementasi teknik pembelajaran Mind Map untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia kelas III di Sdi Al-Munawwar Tulungagung

Trinafiandari, Eni (2012) Implementasi teknik pembelajaran Mind Map untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia kelas III di Sdi Al-Munawwar Tulungagung. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
08140003.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Mind Map adalah teknik meringkas atau peta pikiran yang sangat bermanfaat untuk memahami materi pelajaran terpola secara visual dan grafik yang akhirnya dapat membantu merekam, memperkuat, dan mengingat kembali informasi yang telah dipelajari. Dalam tehnik pembelajaran yang digunakan oleh guru masih sangat tradisional yaitu ceramah dan tanya jawab. Teknik tersebut diaplikasikan secara terus menerus setiap mengajar Bahasa Indonesia sehingga mengakibatkan motivasi peserta didik rendah, jenuh dan kurang antusias dalam mengikuti pelajaran Ba hasa Indonesia Pembelajaran merupakan suatu proses yang dilakukan secara sadar pada setiap individu atau kelompok untuk merubah sikap dari tidak tahu menjadi tahu sepanjang hidupnya.

Penelitian ini dilaksanakan di SDI Al-Munawwar Tulungagung, dengan objek penelitian siswa kelas III. Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mendeskripsikan penerapan teknik pembelajaran Mind Map pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDI AL-Munawwar kelas III, Mendeskripsikan pelaksanaan hasil belajar siswa kelas III di SDI AL-Munawwar dengan teknik pembelajaran Mind Map, Mendeskripsikan evaluasi belajar Bahasa Indonesia yang diterapkan teknik pembelajaran Mind Map pada siswa kelas III di SDI AL-Munawwar.Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia di SDI AL- Munawwar tulungagung.

Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dalam melakukan tindakan kepada subyek penelitian, yang sangat diutamakan adalah mengungkapkan makna, makna dan proses pembelajaran sebagai upaya meningkatakan prestasi belajar melalui tindakan yang dilakukan. Jenis penelitian ini adalah PTK, menyiapkan pengetahuan, pemahaman, dan wawasan tentang perilaku guru mengajar dan murid belajar. yaitu kerjasama anatara peneliti dengan praktisi di lapangan (guru). Penelitian ini di bagi menjadi empat bagian yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.

Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa data skor tes siswa secara kelompok dapat diketahui bahwa semua kelompok telah lulus dalam mengerjakan tugas kelompok. Sedangkan skor tes secara individu pada siklus I terdapat 80% atau sebanyak 16 orang siswa dari 20 siswa dinyatakan lulus. Sedangkan yang gagal sebanyak 20 % atau sebanyak 4 orang siswa yang tidak lulus. Dan pada siklus II ada 19 siswadikatakan berhasil sebesar 95%. Dan yang gagal 1siswa dengan prosentase sebesar 5 %, Jadi dapat disimpulkan penerapan teknik Mind Map berhasil.

ABSTRACT

Mind Map is a technique summarize or mind maps are very useful for understanding the subject matter and graphic visual pattern that could eventually help record, strengthen, and recall information that has been learned. In the learning techniques used by teachers are still very traditional lecture and question and answer. The technique was applied continuously every teaching Indonesian resulting low motivation of learners, saturated and less enthusiastic in following the Indonesian Language Learning is a process that is done consciously at any individual or group to change the attitudes of not knowing to knowing all his life.

This study was conducted at Al-Munawwar Tulungagung SDI, with the object of research grade III. The objectives were to describe the application of learning techniques Mind Map in Indonesian Language in SDI AL-Munawwar grade III, describe the implementation of a class III student learning outcomes in SDI AL-Munawwar the Mind Map technique of learning; Describe the evaluation of learning English Indonesia imposed Mind Map technique learning in class III in SDI AL-Munawwar

The approach of this study used a qualitative approach, in doing the research subjects, which is preferred is to express the meaning, the meaning and the learning process in an attempt Increasing academic achievement through action taken. This research is PTK, which prepare the knowledge, understanding, and insight into the behavior of teachers teaching and students learning. the collaboration between researchers with practitioners in the field (teachers). This study is divided into four sections: planning, implementation, observation and reflection.

In this study to determine the learning outcomes have improved pleh students, data from student test scores as a group or individually. In all procedural implementation can be seen that all groups have passed the task group with a predetermined KKM. While individual test scores in the first cycle to 80% or as many as 16 students of the 20 students passed. While that failed as much as 20% or as much as 4 those students who did not pass. And on the second cycle there are 19 students was successful by 95%. And a failed one student with a percentage of 5%, so it can be concluded that the application of learning Mind Map technique has been successfully.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Maimunah, Siti Annijat
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDAnnijat, SitiUNSPECIFIED
Keywords: Pembelajaran; Teknik Mind Map; Learning; Technique Mind Map
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Koko Prasetyo
Date Deposited: 07 Feb 2023 07:28
Last Modified: 07 Feb 2023 07:28
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46250

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item