Arifah, Ifa Miftakhul (2009) Penerapan perpaduan Metode Learning Start With A Question dan Jigsaw dalam pembelajaran PKN untuk meningkatkan Prestasi belajar pada Siswa Kelas IV MI Hidayatul Ulum di Talun. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140047.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Sekolah memang sudah seharusnya mampu menjadi tempat yang dapat mencetak SDM yang berguna bagi nusa dan bangsa, hal ini sama dengan visi dan misi dari pandidikan kewarganegaraan (PKN) yang bertujuan untuk pembentukan warganegara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warganegara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945. Oleh karena itu metode learning start with a question dan jigsaw ini digunakan karena metode ini mendorong siswa untuk berpikir kritis dan bertindak kreatif. Mengacu pada latar belakang tersebut maka rumusan masalah dalam skripsi ini adalah “Bagaimanakah proses penerapan perpaduan metode learning start with a question dan jigsaw dalam pembelajaran PKN untuk meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas IV MI Hidayatul Ulum Talun?”
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, metode dokumentasi dan metode wawancara, adapun yang menjadi informan adalah guru mata pelajaran PKN kelas IV MI Hidayatul Ulum dan semua siswa kelas IV MI Hidayatul Ulum. Sedangkan untuk menganalisisnya penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu berupa data–data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Sesuai dengan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan perpaduan metode learning start with a question dan jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar PKN siswa kelas IV MI Hidayatul Ulum Talun. Penerapan model pembelajaran learning start with a question dan jigsaw terbukti meningkatkan prestasi belajar siswa, hal ini dapat diketahui berdasarkan nilai rata- rata ulangan harian yaitu untuk soal pilihan ganda tercatat naik 10,53%, sedangkan untuk soal uraian 11,19%. Skor prestasi belajar tersebut tergolong dalam kriteria “baik”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran; Learning Start With a Question dan jigsaw; Prestasi Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 07 Feb 2023 07:28 | ||||||
Last Modified: | 07 Feb 2023 07:28 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46247 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |