Marsuki, Akhmad (2009) Penerapan Metode Demonstrasi dan pemberian tugas belajar (Resitasi) untuk meningkatkan Prestasi belajar siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV di SDN Merjosari III Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140046.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (520kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Proses Belajar Mengajar merupakan inti dari kegiatan pendidikan di sekolah. Di sini guru sebagai pendidik memiliki peran yang sangat besar, di samping sebagai fasilitator dalam pembelajaran, guru juga sebagai pembimibing. Dalam proses belajar mengajar, salah satu faktor yang sangat mendukung keberhasilan guru dalam melaksanakan pembelajaran adalah kemampuan guru dalam menguasai dan menerapkan metode pembelajaran yang mampu memunculkan motivasi belajar dan dapat mencapai prestasi yang diharapkan. Selain itu, guru dituntut untuk menguasai berbagai macam metode serta pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi dan siswa.
Metode demonstrasi ialah metode mengajar dengan menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana berjalannya suatu proses tertentu pada siswa. Sedangkan resitasi adalah suatu metode mengajar dengan pemberian pekerjaan oleh guru kepada siswa untuk mencapai tujuan pengajaran tertentu. Dengan bervariasinya metode belajar yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran maka siswa akan termotivasi dan meningkatnya prestasi belajar siswa, yaitu hasil dari suatu kegiatan yang telah dikerjakan, diciptakan baik secara individu maupun secara kelompok.
Berdasarkan uraian di atas, maka fokus masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan metode demonstrasi dan pemberian tugas belajar (resitasi) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas iv di SDN Merjosari III Malang.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi (pengamatan), Wawancara dan Dokumentasi
Sesuai dengan hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukan bahwa penerapan metode demonstrasi dan pemberian tugas belajar (resitasi) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV SDN Merjosari III Malang. Hal tersebut dapat diketahui dari delapan prestasi yang dijadikan variabel itu.
Dari tiga siklus yang diterapkan, sudah dapat dilihat perkembangan pada delapan prestasi yang dijadikan variabel dalam penelitian ini, yaitu keaktifan individu, keaktifan dalam kelompok, nilai ulangan harian dan uji praktek, ketepatan waktu mengerjakan tugas, memilki indikator materi pembelajaran, siswa memperhatikan ketika guru menjelaskan dan siswa tanggap terhadap instruksi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulalah, Sulalah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Demonstrasi; Resitasi; Prestasi Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 07 Feb 2023 07:28 | ||||||
Last Modified: | 07 Feb 2023 07:28 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46244 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |