yusfiroh, Isfi (2009) Penerapan metode Card Sort dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VA pada pembelajaran Mufrodat di MI Al-Hidayat Pakis Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140045.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kosakata (mufrodat) merupakan salah satu unsur bahasa yang harus dikuasai oleh pembelajar bahasa asing untuk dapat memperoleh kemahiran berkomunikasi dengan bahasa tersebut. Belajar bahasa arab ini harus mengikuti pola tadarruj (bertahap dari yang mudah kepada yang sulit) Namun dalam realitanya di sekolah, siswa selalu diberi pembelajaran dengan strategi konvensional yang mana dengan strategi tersebut siswa tidak berkembang dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat mengakibatkan motivasi belajar siswa menurun. Menyikapi permasalahan di atas, perlu dikembangkan metode yang tepat dan efektif. Metode card sort sebagai salah satu metode alternatif yang menjadikan pembelajaran lebih efektif, kreatif, dan menyenangkan yang diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran mufrodat.
Beranjak dari permasalahan di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode card sort dalam pembelajaran mufrodat di MI Al-Hidayat Pakis-Malang?, dan (2) Bagaimana motivasi belajar siswa kelas VA dalam pembelajaran mufrodat setelah diterapkannya metode card sort di MI Al-Hidayat Pakis-Malang?. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian dapat dirumuskan dengan rumusan tujuan penelitian sebagai berikut: (1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode card sort dalam pembelajaran mufrodat di MI Al-Hidayat Pakis-Malang. dan (2) Untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa kelas VA dalam pembelajaran mufrodat setelah diterapkannya metode card sort di MI Al-Hidayat Pakis-Malang.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (class-room action reseach) dengan jenis penelitian mandiri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang bersifat kualitatif dianalisa dengan analisa deskriptif kualitatif. Dari hasil observasi dan data empiris dilapangan menunjukkan bahwa penggunaan metode card sort terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VA pada pembelajaran mufrodat di MI Al-Hidayat Pakis-Malang. Hasil observasi lapangan menunjukkan adanya peningkatan motivasi dari pre-tes ke siklus I sebesar 18,75 %, dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 36,84 %, dari suklus II ke siklus III meningkat sebesar 28 % dan dari pre tes sampai siklus III meningkat sebesar 100 %. Dan bentuk aplikasi dari metode card sort yang optimal dalam meningkatkan motivasi belajar sisa adalah penggunaan media/alat/bahan pembelajaran yang terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab di MI Al-Hidayat Pakis- Malang.
Adapun saran penelitian sebagai berikut: (1) Guru harus lebih terampil dalam membuat perencanaan dan pemilihan strategi yang digunakan. Penggunaan strategi yang tepat akan sangat berpengaruh pada penciptaan suasana pembelajaran yang efektif dan efisien serta membuat anak didik senang dan bergairah dalam belajar Bahasa Arab. (2) Pemodifikasian sistem belajar sudah menjadi keharusan untuk menemukan metode belajar yang dapat menarik minat seseorang pada bidang Bahasa Arab sehingga cara yang digunakan tidak statis dan bersifat tradisional terus-menerus. Orientasi pembelajaran Bahasa Arab sudah waktunya tidak semata-mata untuk kepentingan agama, namun mengarah pada persoalan-persoalan yang bersifat duniawi, iptek, industri, dan budaya, oleh karena itu materi Bahasa Arab sesuai dengan kemajsuan informasi, ilmu pengetahuan modern dan kesusastraan yang ada di sekitar anak didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yasin, Ahmad Fatah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Card Sort; Motivasi Belajar; Mufrodat; Card Sort Method; Motivation to learn; Mufrodat | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 07 Feb 2023 07:28 | ||||||
Last Modified: | 14 Jun 2023 10:58 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46241 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |