Susanto, Susanto (2009) Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode Resitasi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas V MI Al-Hikmah Sumberrejo Kab. Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140044.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (659kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Metode merupakan salah satu unsur yang diperlukan dalam mencapai tujuan pembelajaran sejarah kebudayaan islam dan banyak sekali variasi yang bisa diterapkan guru guna untuk mencapai tujuan pembelajaran pendidikan sejarah kebudayaan islam. Adapun salah satu metode yang dapat digunakan oleh guru dengan metode resitasi, dengan penggunaan metode resitasi dalam pembelajaran sejarah kebudayaan islam diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Karena metode resitasi ini merupakan metode yang tidak hanya komunikasi satu arah akan tetapi bisa dua ataupun tiga arah. Di samping itu, metode ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa dan siswa tidak hanya menjadi pendengar saja akan tetapi mereka ikut mempertanggung jawabkan hasil pekerjaan dan aktif di dalamnya. Mengigat betapa pentingnya penggunaan metode dalam kegiatan belajar mengajar khususnya untuk mencapai tujuan pembelajaran maka penulis tertarik untuk membahas tentang “Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Resitasi Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas V MI Al-Hikmah Sumberrejo Kab. Malang”. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode resitasi pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas v di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah Sumberrejo Gedangan Kab. Malang, selain itu untuk mengetahui bentuk upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode resitasi pada mata sejarah kebudayaan islam.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, yaitu data yang dikumpulkan berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi dan dokumen lainnya. Data yang terkumpul penulis analisis dengan menggunakan tehnik analisi deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode resitasi pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah Sumberrejo Kab. Malang sudah cukup memberikan motivasi siswa, dibuktikan dengan siswa yang semangat belajar mereka meningkat dan nilai siswa yang bertambah baik. Metode ini sangat membantu guru sejarah kebudayaan islam karena dapat melibatkan siswa secara aktif dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Penggunaan metode ini didukung oleh beberapa sarana yang cukup lengkap yang disediakan oleh Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah Sumberrejo Kab. Malang. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode resitasi pada pembelajaran sejarah kebudayaan islam di MI Al-Hikmah adalah: (a) bahwsanya metode resitasi telah dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran pendidikan sejarah kebudayaan islam. (b) bahwasanya pelaksanaan metode resitasi dalam kegiatan pembelajaran pendidikan sejarah kebudayaan islam penugasan yang diberikan oleh guru selalu dikaitkan dengan pelajaran yang sedang disampaikan. (c) selain itu, pelaksanaan metode resitasi di samping dikaitkan dengan pelajaran yang sedang disampaikan dikaitkan juga dengan materi yang telah lalu juga. (d) bahwasanya pelaksanaan metode resitasi selalu digunakan atau diterapkan di setiap pembelajaran pelajaran pendidikan sejarah kebudayaan islam.
Upaya guru dalam menigkatkan motivasi pembelajaran pendidikan sejarah kebudayaan islam melalui metode resitasi adalah sebagai berikut: (a) upaya yang dilakukan dengan tidak memberikan penugasan yang hanya terfokus pada jawaban kecepatan mengerjakan akan tetapi lebih kepada bagaiamana siswa dalam proses berpikir, (b) upaya yang dilakukan yaitu dengan menggabungkan atau pelaksanaan metode resitasi dengan metode yang lain dalam kegiatan pembelajaran pendidikan sejarah kebudayaan islam. (c) upaya yang dilakukan dengan tidak memberikan resitasi pada siswa yang bersifat jenuh, karena kalau hal itu dilakukan dan siswa tidak akan meningkat dari penggunaan metode resitasi itu sendiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Motivasi; Metode resitasi; Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 07 Feb 2023 07:31 | ||||||
Last Modified: | 28 Mar 2023 11:37 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46230 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |