Nafisah, Asiyatun (2016) Strategi pendidikan agama Islam dalam keluarga pernikahan dini di Desa Cengkarukwatu Capang Purwodadi Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12110174.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan agama Islam bagi keluarga merupakan usaha orang tua sebagai orang yang bertanggungjawab dalam keluargauntuk membimbing jasmani dan rohani anak secara bertahap yang mencakup aspek duniawi dan ukhrawi berdasarkan hukum agama Islam agar anak dapat berkembang secara maksimal sesuai ajaran Islam.
Mayoritas dari masyarakat anak-anak yang menikah di usia dini kehilangan pendidikan dan harapan-harapan untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi. Dan ketika mereka mempunyai keturunan keluarga pernikahan dini kekurangan bekal ilmu untuk mendidik anak-anaknya sesuai dengan syari’at Islam. Penelitian dilakukan untuk mengetahui sikap keluarga pernikahan dini dalam mendidik agama Islam anak-anaknya dan strategi yang keluarga terapkan pada anak-anaknya. Penelitian ini dilakukan dengan penelitian deskriptif kualitatif, dalam mengumpulkan data penulis menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Untuk validitas penulis menggunakan teknik triangulasi dan analisis data.
Hasil dari penelitian banyak sekali masyarakat di daerah ini menikah di usia dini yang disebabkan oleh kondisi ekonomi dan pendidikan orang tua yang rendah . dan sikap dari keluarga untuk pendidikan agama anak-anaknya sudah bisa dikatakan bagus yakni dengan memasukkan anak-anaknya pada lembaga Islam seperti TPQ, MI dan lain sebagainya. Tetapi mayoritas sikap orang tua sendiri belum mengetahui tujuan dan prinsip pendidikan agama Islam secara sempurna, jadi sedikit kemungkinannya untuk terealisasikannya tujuan- tujuan pendidikan sesuai dengan syari’at Islam.
Adapun strategi yang keluarga pernikahan dini terapkan pada anak-anaknya kurang tepat dan perlu ditingkatkan. Agar teori yang telah didapat dalam pendidikan formal dan nonformalnya dapat diamalkan dengan baik dan benar serta dapat bermanfaat dalam hidup kedepannya. karena strategi yang dilakukan masih jauh dari kesempurnaan untuk bisa merealisasikan tujuan pendidikan Islam dan tujuan dari keluarga itu sendiri.. Berawal dari teladan keluarga, bimbingan untuk selalu berbuat baik dalam segala perbuatan, nasehat, pembisaan terhadap anak dan hukuman mendidik yang dilakukan orang tua pada anak.
ENGLISH:
Islamic education for families is the efforts of parents as the responsibility in the family to guide physical and spiritual of child gradually that covering duniawi aspects and ukhrawi based on Islamic law so that child can develop optimally according to the Islam.
The majority of the community of child who get married at an early age lose education and the hopes to get a higher education. And when they have child, early marriage family will be lack of science to educate the child in accordance with Islamic. The study was to determine the attitude of early marriage families in educating Islamic of the child and strategies. This research was conducted with a qualitative descriptive research, the author collected data through observation, interviews, and documentation. For the validity, Author used triangulation technique and data analysis.
The results of research, lot of people in this area got married at an early age due to economic conditions and low parental education. and the attitude of the family for religious education of the child that were able to say good that entering the child to Islamic institutions such as the TPQ, MI and others. But the majority of the attitude of the parents themselves didn’t know the purpose and principles of Islamic religious education completely, so it was to be realized in accordance with the educational objectives of the Islamic.
Early marriage family that applied the strategies to child was less precise and needed to be improved. The theory that had been acquired in formal and non-formal education could be carried out properly and could be beneficial in the future life. because of the strategy undertaken was still far from perfection in order to realize the goals of Islamic education and the goals of the family. Starting from the example of the family, the guidance to do good in every deed, advice, habituation to child and punishment to educate to the child.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Aziz, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan Agama Islam; Keluarga; Pernikahan Dini; Islamic Education; Family; Early Marriage | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Arfan Trisna Rizkydian | ||||||
Date Deposited: | 25 Aug 2016 09:25 | ||||||
Last Modified: | 25 Aug 2016 09:25 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4623 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |