Muslikhah, Fina Harya (2009) Penerapan Metode Drill dan Sort Card untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas VB MINU Miftahul Huda di Jabung Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140041.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Rendahnya kualitas program pembelajaran di sekolah, seringkali disebabkan oleh sistem pembelajaran yang dilakukan di sekolah tersebut. Kondisi ini mengharuskan sekolah harus mampu mencetak output yang benar-benar mampu bersaing dengan output dari sekolah lain. Hal ini juga berlaku bagi MINU Miftahul Huda di Jabung Kabupaten Malang. Dengan mampu mencetak siswa yang berkualitas dan mampu bersaing dengan siswa dari sekolah lain, maka secara tidak langsung madrasah ini berhasil menjalankan manajemen pembelajaran pendidikan dengan baik. Tapi pada kenyataannya dalam kondisi tertentu seringkali siswa di MINU Miftahul Huda di Jabung Kabupaten Malang ini memiliki motivasi belajar yang rendah. Hal ini ditunjukkan dalam proses belajar mengajar, siswa kurang memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru dengan lebih memilih bermain atau berbicara sendiri dengan teman. Bahkan siswa juga bermalas-malasan dengan tidur- tiduran ketika guru menyampaikan pelajaran. Ironisnya sebelum peneliti mulai menerapkan metode drill dan sort card pada mata pelajaran ini, siswa justru merasa semangat dan tidak ngantuk lagi ketika pelajaran usai dan guru mata pelajaran keluar dari kelas. Situasi seperti ini terbalik dengan proses pembelajaran yang seharusnya mampu menumbuhkan semangat belajar dan minat terhadap pelajaran. Kondisi seperti ini hampir terjadi disemua mata pelajaran dan telah berlangsung selama bertahun- tahun.
Untuk menanggulangi hal itu telah banyak konsep metode pembelajaran aktif yang ditawarkan. Metode pembelajaran aktif nampaknya merupakan salah satu jawaban atas permasalahan tentang rendahnya mutu atau kualitas pembelajaran di Indonesia pada umumnya. Salah satunya adalah dengan menerapkan metode drill dan sort card pada pembelajaran ini, diharapkan motivasi siswa untuk terus belajar dapat meningkat, sebab pada metode ini keaktifan peserta didik lebih diutamakan.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, (2) Mendeskripsikan penerapan metode drill dan sort card dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas VB MINU Miftahul Huda di Jabung Kabupaten Malang.
Penelitian yang penulis lakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, pengukuran tes hasil belajar, angket, interview, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan mata pelajaran AL- Qur’an Hadits siswa kelas VB MINU Miftahul Huda di Jabung Kabupaten Malang telah menunjukkan bahwa proses pembelajaran berjalan dengan efektif dan efisien. Hal ini dapat ditunjukkan dari sikap dan keantusiasan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran, serta tidak memerlukan waktu yang lama untuk memahamkan kepada peserta didik terhadap pelajaran yang disajikan dengan mengaplikasikan metode drill dan sort card. (2) Metode drill dan sort card dapat meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an Hadits pada siswa kelas VB semester genap tahun ajaran
2008/2009 di MINU Miftahul Huda di Jabung Kabupaten Malang. Hal ini dapat diketahui bahwa motivasi siswa meningkat karena bisa dilihat pada tanggapan siswa yang dicapai siswa meningkat. Secara kuantitatif dapat ditunjukkan pada tes individual sebesar 93,55% atau sebanyak 29 siswa dari 31 peserta tes dinyatakan lulus. Sedangkan yang gagal sebanyak 2 orang siswa atau sebesar 6,45%. Ini berarti
98% siswa berhasil dan dinyatakan lulus. Begitu juga pada hasil tes kelompok memperoleh skor dalam rentang lulus. Sedang secara kualitatif dapat dijelaskan dari banyaknya siswa yang menyatakan sangat setuju dengan pernyataan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode drill dan sort card menyenangkan, tumbuhnya rasa kebersamaan dalam kelompok, dan suasana kelas menjadi hidup.
Kalaupun masih ada alternatif lain yang mungkin lebih baik dari apa yang telah disampaikan atau ditulis dalam skripsi ini, maka hal itu dapat dijadikan sebagai masukan atau tambahan agar skripsi ini bisa terus berkembang dan tidak berhenti sampai di sini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode; Drill; Sort Card; Motivasi | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 07 Feb 2023 07:31 | ||||||
Last Modified: | 07 Feb 2023 07:31 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46224 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |