Nurillah, Desi (2012) Pengembangan Media Compact Disk Interaktif berbasis Konstruktivistik pada pembelajaran matematika kelas V Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum 01 Gondanglegi Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
08140005.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran yang menggunakan metode ceramah masih mendominasi pembelajaran sudah saatnya beralih pada pembelajaran yang inovatif berpusat pada siswa. Penelitian dan pengembangan ini dimaksudkan mengembangkan penerapan pembelajaran konstruktivistik dalam bentuk CD interaktif yaitu konsep belajar dimana guru mengkonstruksi pemikiran peserta didik sehingga dalam alam pikiran sudah terkonsep mengenai geometri sehingga mendorong siswa membuat hubungan dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya untuk menghidupkan kelas secara maksimal agar siswa memperoleh pengalaman belajar menemukan dengan mengalami sendiri.
Tujuan penelitian adalah untuk (1) mengembangkan media digunakan dalam penguasaan konsep Geometri siswa kelas V MI (2) menerapkan pembelajaran menggunakan media dalam penguasaan konsep pembelajaran materi Geometri siswa kelas V sebelum digunakan produk hasil pengembangan (3) mendeskripsikan penguasaan konsep Geometri siswa kelas V MI Miftahul Ulum 01 Gondanglegi, Malang setelah digunakan produk hasil pengembangan. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan yang terdiri atas tiga tahap yaitu (1) Deskriptif (penelitian awal menghimpun data dalam kondisi nyata) (2) Evaluatif (evaluasi proses uji coba pengembangan produk) (3) Eksperimen (uji keampuhan produk yang dihasilkan).
Hasil penelitian pada pretest mencapai 63,48%. Yang menunjukan rata- rata yang kurang memuaskan, masih ditemui angka 3 hasil ujian. Setelah melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan media hasil pengembangan yakni CD Interaktif Geometri, siswa diuji post test dan hasilnya terjadi peningkatan sebanyak 21.30%. Dengan mencapai 84.78% ini menunjukan bahwa CD pembelajaran yang dikembangkan peneliti memang membantu meningkatkan keefektifan
Kesimpulan (1) pengembangan media mendapatkan nilai sangat baik dari guru mata pelajaran yakni 92,30%. Dan setelah diuji di depan ahli isi yaitu sebesar 89%. Dan dari ahli multimedia sebesar 90% untuk media hasil pengembangan ini. Produk ini layak dalam penggunaannya. (2) Penerapan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran CD interaktif ini sangat efektif menjadikan siswa aktif dan siswa memperoleh pengalaman belajar dengan mengalami sendiri, (3) penerapan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran hasil pengembangan dapat meningkatkan penguasaan konsep Geometri siswa kelas V MI Miftahul Ulum 01 Gondanglegi Malang. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan media hasil pembelajaran bisa diterapkan oleh guru dalam pembelajaran matematika pada materi Geometri.
ABSTRACT
Learning who use the lecture method still dominates learning is time to move on innovative learning student-centered. Research and development is intended to develop the application of constructivist learning in the form of interactive CD that is the concept of learning where the teacher so that learners construct ideas in the minds of already terkonsep about the geometry that encourages students to make connections to everyday life in an attempt to liven up the class so that students gain experiential learning by experiencing their own finding.
Aim of the study was to (1) develop the concept of media is used in mastering grade Geometry V MI (2) to apply the learning to use the media in a mastery learning concepts Geometry Grade V material prior to use products of development (3) describe the concept of geometry students' mastery of grade V MI Miftahul Ulum 01 Gondanglegi, Malang after use products of development. The study design used is the Research and Development consists of three stages: (1) Descriptive (initial research to collect data in real conditions) (2) Evaluative (evaluation of the testing process of product development) (3) Experiment (test the efficacy of the product) .
The results on the pretest reached 63.48%. Which shows that average less than satisfactory, they found the number 3 exam results. After making the learning process by using the results of the development of the CD Interactive Geometry, students tested post-test and the results were an increase of 21:30%. By reaching 84.78% shows that the researchers developed the CD learning does help to increase the effectiveness of Conclusion (1) the development of the media get very good value from subject teachers which 92.30%. And after testing in front of the expert content of 89%. And from multimedia expert by 90% for the medium's development outcomes. This product is well worth its use. (2) The application of learning by using instructional media interactive CD is very effective to make students active and the students get to experience the learning experience, (3) application of learning by using instructional media development outcomes can improve students'mastery of concepts Geometry class V MI Miftahul Ulum 01 Gondanglegi Malang. Thus learning with media used learning outcomes can be implemented by teachers in the teaching of mathematics to the material geometry.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Julaihah, Umi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Pembelajaran; Geometri; Matematika; Learning Media; Geometry; Math | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 07 Feb 2023 07:31 | ||||||
Last Modified: | 07 Feb 2023 07:31 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46222 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |