Pengembangan fitrah manusia dalam pandangan pendidikan Islam: Analisis konsep pendidikan anak menurut Imam Al-Ghazali

Kusairi, Kusairi (2008) Pengembangan fitrah manusia dalam pandangan pendidikan Islam: Analisis konsep pendidikan anak menurut Imam Al-Ghazali. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
04110168.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Al-Ghazali adalah seorang tokoh dalam pembaharuan pendidikan Islam terutama dalam pendidikan anak. Menurut Al-Ghazali bahwa seorang anak mempunyai fitrah kecenderungan kearah baik dan buruk. Oleh karena itu peran pendidik dalam hal ini orang tua dan guru sangat diperlukan untuk mengarahkannya pada perilaku baik. Selain itu dapat diketahui bahwa Al-Ghazali tidak hanya mengakui faktor keturunan sebagai faktor yang mempengaruhi perkembangan tetapi juga faktor lingkungan.

Manusia diciptakan oleh Allah dari tanah, dari saripati tanahlah yang menumbuhkan tanaman-tanaman untuk membentuk pertumbuhan fisik atau tubuh manusia, karena memang pertumbuhan tubuh manusia sepenuhnya ditentukan oleh makanan. Manusia diciptakan Allah terdiri atas dua unsur, yaitu: (1) unsur yang berasal dari ‘alam al-khalq, (2) unsur yang berasal dari ‘alam al-amr (ruh dari perintah Tuhan). Dari dua unsur tersebut manusia dilengkapi dengan alat-alat potensial atau potensi-potensi dasar yang disebut fitrah. Fitrah harus ditumbuhkembangkan melalui proses pendidikan. Berhubungan dengan hal ini Islam telah mempersembahkan sistem pendidikan yang paripurna kepada manusia, sebuah sistem pendidikan yang sesuai dengan fitrah manusia. Sistem pendidikan ini merupakan bagian dari sistem pendidikan yang bersumber dari pendidikan Ilahi untuk membentuk kepribadian manusia yang harmonis dan menjadi teladan di muka bumi ini sebagai khalifah, melaksanakan keadilan di dalam tatanan kehidupan masyarakat, serta memanfaatkan seluruh potensi alam untuk mewujudkan kemakmuran di muka bumi.

Berpijak dengan latar belakang di atas maka rumusan masalahnya adalah: (1) Bagaimana Konsep Pendidikan Anak Menurut Al-Ghazali (2)Bagaimana Pengembangan Fitrah Anak dalam Lingkungan Keluarga dan (3) Bagaimana Implikasi Fitrah Anak dalam Pandangan Pendidikan Islam. Adapun tujuan yang dalam permasalahan ini adalah: (1) Mengetahui Konsep Pendidikan Anak Menurut Al-Ghazali; (2) Mendiskripsikan Pengembangan Fitrah Anak dalam Lingkungan Keluarga; dan (3) Untuk mengetahui Implikasi Pengembangan Fitrah Anak dalam pandangan pendidikan Islam.

Penulisan skripsi ini penulis menggunakan penelitian kepustakaan murni (library risearch). Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan metode dokumentasi. Dalam analisis, penulis menggunakan content analisis (analisis isi) yakni pemahaman secara konseptual yang berkelanjutan didalam diskripsi.

Hasil analisa, menunjukkan bahwa konsep pendidikan anak menurut Al- Ghazali adalah dengan mengembangkan seluruh fitrah anak melalui proses pendidikan. Sehingga diharapakn mampu menjadi salah satu konsep yang tepat dalam upaya pembaharuan pendidikan, terutama pendidikan Islam. Dasar atau sumber pendidikan anak menurut Al-Ghazali adalah Al-Qur’an, As-Sunnah. Tujuan pendidikan anak adalah (1) untuk mengembangkan potensi (fitrah) jasmani dan rohani anak sebagai sumber kebahagian di dunia dan (2) Taqarrub ila Allah sebagai sumber kebahagian akhirat. Sedangkan materi pendidikan anak menurut Al-Ghazali adalah (1) materi pendidikan keimanan, (2) materi pendidikan akhlak, (3) materi pendidikan akal, (4) materi pendidikan jasmani, dan (5) materi pendidikan sosial. fitrah dalam pendidikan Islam ada tiga unsur, yaitu: (1) unsur yang dibawa sejak lahir, (2) unsur lingkungan (orang tua/masyarakat tempat bergaul anak) dan (3) unsur qadha dan qadar Allah SWT. yang semuanya tergantung pada-Nya, tugas dan kewajiban manusia hanya berusaha (ikhtiar) dan berdoa. Sehingga diharapkan mampu menjadi salah satu konsep yang tepat untuk mengembangkan fitrah manusia dalam pendidikan Islam yang menjadi landasan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. serta berimplikasi pada pengembangan kepribadian anak.

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa konsep pendidikan anak menurut Al-Ghazali adalah dengan mengembangkan seluruh fitrah anak melalui proses pendidikan. Tujuan yang hendak dicapai dalam pendidikan anak menurut Al-Ghazali yaitu: (1) untuk mengembangkan potensi (fitrah) jasmani dan rohani anak, dan (2) untuk mendekatkan diri kepada Allah. Materi pendidikan anak menurut Al-Ghazali antara lain: (1) materi pendidikan keimanan, (2) materi pendidikan akhlak, (3) materi pendidikan akal, (4) materi pendidikan jasmani, dan (5) materi pendidikan social. Pendidikan Islam memandang anak yang dilahirkan dalam keadaan fitrah (suci). Fitrah adalah kemampuan dasar pertumbuhan dan perkembangan manusia yang dibawa sejak lahir. Menurut Al-Ghazali bahwa seorang anak mempunyai fitrah kecenderungan kearah baik dan buruk. Oleh karena itu peran pendidik dalam hal ini orang tua dan guru sangat diperlukan untuk mengarahkannya pada perilaku baik Dengan demikian, peran orang tua sangat besar terhadap pengembangan fitrah tersebut, karena orang tua merupakan pendidik pertama dan utama dalam lingkungan keluarga, demikian halnya dengan guru memiliki peranan penting dalam mengarahkan fitrah anak kearah yang baik.

Pendidikan Islam dalam mengembangkan fitrah manusia adalah dengan menumbuhkembangkan fitrahnya menuju kearah pembentukan manusia sempurna, dan menjadi hamba Allah SWT. yang baik, karena tujuan pendidikan Islam secara umum adalah membentuk manusia yang paripurna dan selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT. agar menjadi hamba yang bertaqwa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Muhammad, Suaib H.
Keywords: Pendidikan Islam; Fitrah Manusia; Keluarga dan Konsep Pendidikan Anak Menurut Imam Al-Ghazali
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indar Erdiana
Date Deposited: 27 Aug 2016 05:14
Last Modified: 27 Aug 2016 05:14
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4622

Actions (login required)

View Item View Item