Apriliya, Chihita Maya (2007) Pengaruh hubungan Interpersonal terhadap Motivasi belajar Mahasiswa: Studi kasus pada Mahasiswa Fakultas Tarbiyah semester II angkatan tahun 2006 / 2007 di Universitas Islam Negeri Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
03110091.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (426kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Hubungan interpersonal adalah ikatan yang terjalin erat dan saling mempengaruhi antara dua individu untuk mencapai tujuan bersama. Di samping itu, manusia sebagai mahluk sosial membutuhkan orang lain untuk saling bantu- membantu, berinteraksi membina kerukunan hidup bersama, hal tersebut, merupakan bukti pentinggnya kita menjalin hubungan interpersonal. Hubungan interpersonal dapat terjalin dengan baik apabila kita bersikap percaya, suportif, serta terbuka kepada orang lain.
Motivasi belajar merupakan suatu yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dengan kegiatan belajar. Motivasi belajar ada yang berasal dari diri sendiri yang biasa disebut dengan motivasi instrinsik ada juga yang berasal dari luar diri yang itu membutuhkan rangsangan dari luar yang biasa disebut dengan motivasi ekstrinsik.
Penelitian yang dilakukan di Universitas Islam Negeri Malang bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan interpersonal mahasiswa fakultas Tarbiyah semester II angkatan tahun 2006 / 2007? Bagaimana motivasi belajar mahasiswa fakultas Tarbiyah semester II angkatan tahun 2006 / 2007? Serta adakah korelasi antara hubungan interpersonal dengan motivasi belajar mahasiswa fakultas Tarbiyah semester II angkatan tahun 2006 / 2007? Penelitian diharapkan dapat dipergunakan sebagai media informasi yang efektif bagi Universitas Islam Negeri Malang.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif model eksplanasi. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa fakultas Tarbiyah semester II angkatan tahun 2006/2007. Pengambilan sampel dengan teknik sampling acak (random sampling) dari populasi berjumlah 313 mahasiswa diambil 20% atau 63 mahasiswa sebagai sampel. Metode pengumpulan datanya menggunakan angket atau skala hubungan interpersonal dan motivasi belajar. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment dari Pearson, sedangkan uji relibilitas dengan rumus alpha chronbach. Berdasarkan hasil uji instrumen diketahui bahwa nilai validitas dan nilai relibilitas mendekati 1.00.
Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan interpersonal mahasiswa fakultas Tarbiyah adalah sedang atau cukup dan motivasi belajar mahasiswa fakultas Tarbiyah juga sedang. Ada pengaruh yang signifikan dan sumbangan efektif hubungan interpersonal terhadap motivasi belajar sebesar 49,5 % berarti bahwa dari 63 mahasiswa yang dijadikan sebagai responden sebagian motivasi belajar mereka dipengaruhui oleh hubungan interpersonal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulalah, Sulalah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Hubungan Interpersoanal; Motivasi Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 07 Feb 2023 07:31 | ||||||
Last Modified: | 07 Feb 2023 07:31 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46219 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |