Wahdati, Lia Nurul (2009) Penerapan metode Resitasi dan Simulasi untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada tingkat aplikasi mata pelajaran IPS di kelas III MI Sunan Giri Jabung Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140042.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Rendahnya kualitas program pembelajaran di Madrasah, seringkali disebabkan oleh sistem pembelajaran yang dilakukan di Madrasah tersebut. Kebanyakan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar hanya datang, mengikuti ceramah guru, melihat guru menulis di papan tulis, lalu mengingat segala informasi yang di berikan oleh guru. Untuk menanggulangi hal itu telah banyak konsep strategi pembelajaran aktif yang ditawarkan. Strategi pembelajaran aktif nampaknya merupakan jawaban atas permasalahan tentang rendahnya mutu atau kualitas pembelajaran di Indonesia pada umumnya, salah satunya adalah penerapan metode resitasi dan simulasi. Dengan menerapkan metode pembelajaran ini, diharapkan mutu atau kualitas pembelajaran meningkat, sebab pada strategi ini keaktifan peserta didik lebih diutamakan.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode resitasi dan simulasi dalam meningkatkan kemampuan kognitif tingkat aplikasi, (2) Untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan metode resitasi dan simulasi pada mata pelajaran IPS di kelas III MI Sunan Giri Jabung Malang.
Penelitian yang penulis lakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, pengukuran tes hasil belajar, dan angket. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Untuk uji keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) metode resitasi dan simulasi dapat meningkatkan motivasi belajar IPS di kelas III MI Sunan Giri Jabung Malang. Secara kuantitatif dapat ditunjukkan pada tes individual dikatakan bahwa tingkat keberhasilan kelas adalah 92% yakni dari 25 siswa dinyatakan lulus adalah 23 siswa, sedangkan yang gagal sebanyak 2 orang siswa atau sebesar 8%, karena skor tesnya kurang dari 60. Berdasarkan pengamatan peneliti, 2 orang yang tidak lulus ini dikarenakan mempunyai kemampuan yang rendah. Sedangkan secara kualitatif dapat dijelaskan dari banyaknya siswa yang menyatakan sangat setuju dengan pernyataan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode resitasi dan simulasi menyenangkan, tumbuhnya rasa kebersamaan dalam kelompok, dan suasana kelas menjadi hidup. (2) pelaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan metode resitasi dan simulasi, yang membahas tentang materi jual beli pada mata pelajaran IPS kelas III, telah menunjukkan bahwa proses pembelajaran berjalan dengan efektif dan efisien. Hal ini dapat ditunjukkan dari sikap dan keantusiasan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran, serta tidak memerlukan waktu yang lama untuk dapat memahamkan peserta didik terhadap pelajaran yang disajikan dengan mengaplikasikan metode resitasi dan simulasi. Kalaupun masih ada alternatif lain yang mungkin lebih baik dari apa yang telah disampaikan atau ditulis dalam skripsi ini, maka hal itu dapat dijadikan sebagai masukan atau tambahan agar skripsi ini terus berkembang dan tidak berhenti sampai disini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yunus, Muh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Resitasi; Simulasi; Kognitif; Aplikasi | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 06 Feb 2023 11:36 | ||||||
Last Modified: | 15 Jun 2023 08:54 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46209 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |