Islam, Rahayu Tahrirul (2009) Manajemen sarana dan prasarana Pendidikan dalam meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110224.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (812kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Berbagai upaya telah banyak dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional, seperti: pemantapan pelaksanaan kurikulum, peningkatan jumlah, jenis dan mutu tenaga kependidikan, peningkatan jumlah jenis dan mutu sarana dan prasarana pendidikan. Agar semua upaya peningkatan mutu pendidikan bisa tercapai maka kegiatan-kegiatan menuju tercapainya tujuan tersebut perlu ditunjang oleh layanan manajemen/pengelolaan yang teratur dan memadai. Demikian juga peningkatan jumlah, jenis, serta kualitas sarana dan prasarana pendidikan baik pendidikan jalur sekolah maupun luar sekolah harus ditunjang oleh perangkatan pelayanan manajemen sarana dan prasarana yang tertib sehingga bisa mencapai tiga aspek kegunaan, yaitu hasil guna, tepat guna, dan daya guna. Jika sarana dan prasarana pendidikan sudah memenuhi ketiga aspek kegunaan maka diharapkan kualitas pendidikan dapat diwujudkan sesuai dengan harapan. Proses belajar mengajar akan semakin efektif dan berkualitas bila ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai. Proses belajar mengajar merupakan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh guru dan siswa dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang tersedia untuk memperoleh hasil belajar yang optimal.
Untuk memaksimalkan penggunaan sarana dan prasarana pendidikan secara optimal maka perlu adanya suatu manajemen untuk mengelola dan mengaturnya agar tujuan pendidikan yang dirumuskan dapat tercapai dengan sempurna. Dengan adanya manajemen sarana dan prasarana pendidikan akan mampu mendayahgunakan semua sarana dan prasarana pendidikan secara efektif dan efisien sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran yang dilaksanakan. Berangkat dari hal itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Malang.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengadaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI di SMAN 4 Malang, untuk mendeskripsikan pendayahgunaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SMAN 4 Malang, untuk mendeskripsikan pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SMAN 4 Malang.
Penelitian yang dilakukan oleh penulis ini adalah termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau dari lisan seseorang, serta observasi secara langsung ke lokasi penelitian, sehingga dalam hal ini peneliti berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Sebagai pelengkap dan penguat data penelitian penulis menyertakan dokumentasi yang ada dilapangan.
Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh penulis dapat disampaikan bahwasannya proses pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana yang dilakukan secara profesional mulai dari pengadaan, pendayagunaan, serta pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan yang teratur dan baik dapat meningkatkan mutu pembelajaran pada umumnya dan PAI pada khususnya, dengan adanya sarana dan prasarana yang lengkap dan memadai serta selalu dalam keadaan siap pakai dapat membantu guru dan murid menjalankan tugasnya dengan baik, pembelajaran menjadi lebih menarik dengan berbagai macam variasi metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan menggunakan sarana dan prasarana yang lengkap dalam pembelajaran hal ini berimbas pula pada peningkatan pemahaman siswa karena tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran. Kalaupun masih ada alternative lain yang mungkin lebih baik dari apa yang telah disampaikan dalam skripsi ini, maka hal itu dapat dijadikan sebagai masukan atau tambahan agar skripsi ini terus berkembang dan tidak berhenti sampai disini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Manajemen Sarana dan Prasarana; Mutu Pembelajaran PAI | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 06 Feb 2023 11:09 | ||||||
Last Modified: | 06 Feb 2023 11:09 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46206 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |