Kompetensi kepribadian guru menurut pandangan An-Nawawi: Tela’ah Kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalah Al-Qur’an karya imam Abu Zakariya Yahya Bin Syaraf An-Nawawi

Fachrunnisa, Munis (2016) Kompetensi kepribadian guru menurut pandangan An-Nawawi: Tela’ah Kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalah Al-Qur’an karya imam Abu Zakariya Yahya Bin Syaraf An-Nawawi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
12110212.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

INDONESIA:

Kompetensi kepribadian guru merupakan bekal utama dalam menjalankan tugasnya secara profesional. Guru seharusnya memiliki kompetensi kepribadian yang diantaranya memiliki kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, berwibawa, berakhlak mulia dan teladan. Beberapa aspek kompetensi kepribadian yang di miliki oleh guru bertujuan agar dapat memperbaiki moral dan etika dalam dunia pendidikan Islam terutama bagi guru.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kemerosotan moral pada siswa dan berdampak pada guru yang dianggap gagal dalam mendidik dan memberi suri tauladan. Maka dari itu penelitian ini akan menela’ah kitab at-tibyan fi adabi hamalah al-Qur’an yang akan mendeskripsikan kompetensi kepribadian guru menurut An-Nawawi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kompetensi kepribadian guru menurut pandangan An-Nawawi dalam kitab at-Tibyan Fi Adabi Hamalah Al-Qur’an?, 2) Bagaimana kompetensi kepribadian guru menurut pandangan An-Nawawi dalam kitab at-Tibyan Fi Adabi Hamalah Al-Qur’an?, 3) Bagaimana implikasi kompetensi kepribadian guru dalam kitab at-Tibyan Fi Adabi Hamalah Al-Qur’an terhadap pendidikan Islam?. Sedangkan tujuan di lakukan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kompetensi kepribadian guru dan strategi pecapain dalam kitab at-Tibyan Fi Adabi Hamalah Al-Qur’an karya Abu Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi serta implikasinya terhadap pendidikan Islam.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian pustaka (Library Reseach). Dalam analisisnya, peneliti menggunakan analisis isi (Content Analysis). Analisis data dilakukan dengan cara menganalisis data tentang kompetensi kepribadian guru dalam kitab at-Tibyan Fi Adabi Hamalah Al-Qur’an karya Abu Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi dan implikasinya terhadap pendidikan Islam.

Hasil penelitian menunjukan kompetensi kepribadian menurut An-Nawawi dapat dikelompokan menjadi 4 aspek, yaitu: 1) Guru senantiasa ridho kepada Allah tanpa mengharap hasil dunia (Lillahi Ta’ala); 2) Menghiasi diri dengan Berakhlak mulia (tidak sombong dan rendah diri); 3) Memperlakukan murid dengan baik (menasihati, mendidik dengan adab mulia) dan mendahulukan giliran murid yang hadir lebih awal; 4) Bersemangat dalam mengajar.

ENGLISH:

Teachers Personality Competence is the main stock in carrying out their duties professionally. Teachers should have a personality such steady personality, stable, mature, wise, dignified, noble and exemplary. Some aspects of personal competence which is owned by the teacher aims to improve moral and ethical education in the Islamic world, especially for teachers.

Many factors can affect the moral decline in students and the impact on teachers failing to educate and provide good exemplary. Thus, this study will examine the book of at-Tibyan Fi Adabi Hamalah Al-Qur’an which will describe the competence of the teacher's personality according to An-Nawawi. The formulation of the problem in this research: 1) How is the competence of the teacher's personality according to An-Nawawi in the book at at-Tibyan Fi Adabi Hamalah Al-Qur’an?, 2) How is the competence of the teacher's personality according to An-Nawawi in the book of at-Tibyan Fi Adabi Hamalah Al-Qur’an ?, 3) What about the implications of the competence of the teacher's personality in the book of at-Tibyan Fi Adabi Hamalah Al-Qur’an to Islamic education ?. While the goal in doing this study was to describe the personality of the teacher competency and achievement strategies in the book of at-Tibyan Fi Adabi Hamalah Al-Qur’an by Abu Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi and its implications for Islamic education.

This study used a qualitative descriptive approach to the type of Library Research. In the analysis, researcher used content analysis. Data analysis was performed by analyzing data about the competence of the teacher's personality in the book of at-Tibyan Fi Adabi Hamalah Al-Qur’an by Abu Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi and the implications for Islamic education.

The results showed personal competence according to An-Nawawi can be grouped into four aspects, namely: 1) The teacher was always a blessing to God without expecting the results of the world (Lillahi Ta'ala); 2) Adorn theirselves with good moral (not arrogant and humble); 3) Treated the students with good advice, educated the good moral) and the prioritized student interest; 4) Spirit to teach.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Abu Bakar, Isti'anah
Keywords: Kompetensi Kepribadian Guru; Kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalah Al-Qur’an karya An-Nawawi; Teachers Personality Competence; book of at-Tibyan Fi Adabi Hamalah Al-Qur’an by An-Nawawi
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Desy Putri Andika
Date Deposited: 25 Aug 2016 02:32
Last Modified: 25 Aug 2016 02:32
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4620

Actions (login required)

View Item View Item