Pangestuningsih, Dwi (2009) Manajemen Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) pada sekolah bertaraf Internasional di Sekolah Menengah Atas (SMA) 3 Negeri Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110214.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (556kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan merupakan faktor utama dalam meningkatkan sumber daya manusia yang memiliki dedikasi tinggi dihadapan Allah dan manusia, untuk mencapai hal tersebut membutuhkan adanya pendidikan yang berhasil guna dan berdaya guna. Baik dalam pendidikan formal, non formal dan informal, dalam pendidikan formal tidak lepas dari sebuah aturan dan manajemen, manajemen pendidikan meliputi manajemen bidang kurikulum yang mencakup perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum, yang diaplikasikan dalam proses belajar mengajar dengan tujuan meningkatkan kualitas manusia dan mutu pendidikan.
Fokus skripsi ini pada manajemen kurikulum pendidikan agama Islam pada sekolah bertaraf Internasional di SMA Negeri 3 Malang, mencakup: Karakteristik kurikulum PAI, perencanaan kurikulum pendidikan agama Islam, pelaksanaan kurikulum pendidikan agama Islam dan evaluasi kurikulum pendidikan agama Islam.
Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif. Alasan memilih metode kualitatif berdasarkan tujuan, yaitu memperoleh paparan data berdasarkan masalah yang akan dijawab dalam penelitian, sesuai dengan rumusan masalah. setelah berbagai data terkumpul maka untuk manganalisanya mengunakan teknik analisis deskriptif, artinya peneliti berupaya menggambarkan kembali data-data yang telah terkumpul.
Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa. Pertama. karakteristik kurikulum di SMA Negeri 3 Malang merujuk pada visi dan misi sekolah yang dikembangkan dalam kebijakan mutu, sebagai landasan dalam mengembangkan kurikulum PAI. Kedua, Manajemen kurikulum pendidikan agama Islam di SMA Negeri 3, meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan, kurikulum dibentuk melalui ide dan gagasan yang muncul dari, (1) visi sekolah, (2) gagasan kepala sekolah untuk mengadakan membaharuan dan improvisasi kurikulum, (3) penguna kurikulum (siswa, masyarakat. Dan lingkungan kerja), (4) media dan sarana prasarana disekolah dan (5) karakteristik siswa dilihat dari (segi kecerdasan, ekonomi, sosial keluarga dan usia). Keseluruan ini kemudian di analisis melalui analisis SWOT (streangt, weakness, opportunity, dan threat). Setiap alternatif dipertimbangkan kekuatanya, serta disesuaikan dengan peluangnya yan ada dalam hambatan yang dihadap. Pelaksanaan, kurikulum dilaksanakan melalui pendekatan bersatu dalam kebijakan dan beranekaragam dalam pelaksanaan sesuai dengan standar kompetensi yang harus dipenuhi, dengan perpijak pada tujuan pendidikan nasional, dan landasan pengembangan kurikulum. evaluasi, evaluasi kurikulum dilaksanakan melalui. 1) evaluasi pembelajaran, 2), pengukuran outcomes, pengukuran ini digunakan untuk mengetahui apakah kompetensi yang dimiliki oleh lulusan sudah sesuai dengan stakeholder terutama penguna lulusan sekolah. 3) pengukuran tentang daya saing sekolah terhadap sekolah lain dalam satu wilayah
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyampaikan beberapa saran sebagai berikut: 1)untuk meningkatkan mutu pendidikan agama Islam kurikulum dan pembelajaran PAI diarahkan pada kurikulum internasioanal Islamic 2), pihak sekolah menambah referensi buku agama disetiap perpustakaan kelas. 3) dan dalam mengupayakan peningkatan mutu pendidikan agama Islam, sekolah hendaknya membangun kantor khusus keagamaan dan guru spiritual bagi siswa yang krisis keimanan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Manajemen; Kurikulum; Pendidikan Agama Islam | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 06 Feb 2023 11:08 | ||||||
Last Modified: | 06 Feb 2023 11:08 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46198 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |