Sholikhah, Siti (2009) Manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat dalam upaya meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) PGRI 3 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110205.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Hubungan sekolah dengan masyarakat pada hakikatnya merupakan suatu sarana yang sangat berperan dalam membina dan mengembangkan pertumbuhan pribadi peserta didik di sekolah. Dalam hal ini, sekolah sebagai sistem sosial merupakan bagian integral dari sistem sosial yang lebih besar, yaitu masyarakat. Sekolah dan masyarakat memiki hubungan yang sangat erat dalam mencapai tujuan sekolah atau pendidikan secara efektif dan efisien. Sebaliknya sekolah juga harus menunjang pencapaian tujuan atau pemenuhan kebutuhan masyarakat, khususnya kebutuhan pendidikan. Oleh karena itu sekolah berkewajiban untuk memberi penerangan tentang tujuan-tujuan, program- program, kebutuhan, serta keadaan masyarakat. Sebaliknya, sekolah juga harus mengetahui dengan jelas apa kebutuhan, harapan, dan tuntutan masyarakat, terutama terhadap sekolah. Dengan perkataan lain antara sekolah dan masyarakat harus dibina suatu hubungan yang harmonis.
Upaya peningkatan mutu pendidikan bukan merupakan upaya semata tetapi harus menjadi komitmen semua pihak yang terlibat di dalamnya. Demi upaya meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam, sudah seharusnya pihak- pihak yang terkait di sekolah untuk benar-benar memperhatikan sumber-sumber yang terkait dan tentu dibutuhkan manajemen yang baik juga disetiap komponen termasuk bagaimana cara mengatur manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat. Oleh karena itu, peneliti bermaksud untuk melakukan penelitian mengenai Manajemen Hubungan Sekolah dengan Masyarakat dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di SMK PGRI 3 Malang.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi perencanaan program hubungan kerja sama sekolah dengan masyarakat dalam upaya meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam di SMK PGRI 3
Malang, untuk mendeskripsikan bentuk hubungan kerja sama antara sekolah dengan masyarakat di SMK PGRI 3 Malang, untuk mendeskripsikan strategi pelaksanaan program hubungan kerja sama sekolah dengan masyarakat dalam upaya meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam di SMK PGRI 3 Malang dan untuk mendeskripsikan strategi evaluasi program hubungan kerja sama sekolah dengan masyarakat dalam upaya meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam di SMK PGRI 3 Malang.
Penelitian yang peneliti lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan deskriptif kualitatif , yaitu pengelolaan dengan langkah-langkah sebagai berikut: setelah data terkumpul selanjutnya diidentifikasi serta dikategorikan kemudian digambarkan berdasarkan logika serta menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya dengan tidak melupakan hasil dari pengamatan, wawancara dan hasil dokumentasi.
Hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti dapat disampaikan di sini bahwa strategi perencanaan program hubungan kerja sama sekolah dengan masyarakat dalam upaya meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam di SMK PGRI 3 Malang adalah: menetapkan bentuk-bentuk program; didasarkan pada kenyataan nyata masa kini dan masa depan; didasarkan pada kebutuhan masyarakat; berusaha untuk memanfaatkan sumber daya yang ada; melibatkan seluruh warga sekolah dan melakukan melakukan penjadwalan serta mengalokasikan dana, bentuk hubungan kerja sama antara sekolah dengan masyarakat di SMK PGRI 3 Malang terdiri hubungan kerja sama sekolah dengan masyarakat sekolah dan hubungan kerja sama dengan masyarakat luar sekolah, strategi pelaksanaan program hubungan sekolah dengan masyarakat dalam upaya meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam di SMK PGRI 3 Malang dilakukan dengan melalui penggerakan oleh kepala sekolah; pemanfaatan media berupa undangan dan edaran; melibatkan kesiswaan; penciptaan suasana religius; memberdayakan sumber daya sekolah; pelaksaaan kegiatan tidak memungut dana dari siswa; pelaksanaannya dilakukan oleh guru setiap mata pelajaran secara terpadu, sedangkan strategi evaluasi program hubungan sekolah dengan masyarakat dalam upaya meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam di SMK PGRI 3 Malang meliputi evaluasi intern; evaluasi langsung dengan siswa baik di masjid, di kelas maupun pada saat apel sekolah; evaluasi dilakukan dengan memberikan punishment (hukuman) kepada siswa yang melanggar serta evaluasi yang dilakukan dengan mengadakan komunikasi dengan orang tua siswa secara periodik. Oleh karena itu, untuk mensukseskan program hubungan kerja sama antara sekolah dan masyarakat dalam upaya meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam maka diperlukan komitmen bersama dan kesamaan tujuan sehingga sosialisasi harus senantiasa terus dilakukan agar tidak terjadi kesalahpahaman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ali, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Manajemen; Hubungan; Sekolah; Masyarakat dan Mutu PAI | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 06 Feb 2023 11:11 | ||||||
Last Modified: | 06 Feb 2023 11:11 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46193 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |