Insiah, Siti (2009) Penerapan Quantum Teaching dalam meningkatkan kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Malang 1. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110204.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (649kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan Agama Islam saat ini sedang dihadapkan pada masalah yang sangat mendasar. Seorang guru dituntut untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk peserta didik yang cerdas dan bermartabat, agar dapat mengembangkan potensi peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, kreatif, mandiri dengan berbagai cara pembelajaran yang ditawarkan. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pembelajaran perlu diterapkan pembelajaran yang bersifat kontekstual dan penerapan yang menjadikan peserta didik mampu mnerapkan dalam kehidupan sehari-hari seperti penerapan quantum teaching dengan demikian peneliti tertarik untuk meneliti tentang “ Penerapan Quantum Teaching Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI”
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1). Bagaimana pembelajaran PAI di MAN Malang 1 (2). Bagaimana penerapan Quantum Teaching dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di MAN Malang 1? (3). Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan Quantum Teaching di MAN Malang 1?. Sedangkan tujuan peneliti disini untuk mengetahui bagaimana pembelajar PAI, Penerapan quantum teaching dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI, karena di dalam menerapkan quantum teaching dan melaksanakan kegiatan pembelajaran tidak selamanya lancar pasti ada faktor-faktor yang mendukung dan menghambat.
Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan dengan data yang diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan wawancara maka peneliti dapat menyimpulkan sebagai berikut: (1). Pembelajaran PAI di MAN Malang 1 ini sudah cukup baik dengan cara guru berinteraksi dengan siswa, menggunakan metode ataupun pendekatan yang digunakan sudah cukup efektif. Dan dari data lapangan menunjukkan bahwa dikelas siswa aktif yang ditandai dengan adanya semangat siswa dalam berpendapat. (2). Bahwa Penerapan quantum teaching dapat membuat siswa berpartisipasi aktif, kreatif dan lebih senang mengikuti pelajaran disekolah serta memberikan nuansa baru bagi siswa dalam belajar. Dengan penerapan quantum teaching siswa lebih antusias dalam mengikuti proses belajar mengajar yang mana dalam quantum teaching terdapat berbagai cara atau metode yang dapat mengembangkan dan membangkitkan gairah siswa dalam belajar. (3). Faktor pendukung adalah kemampuan guru, sarana dan prasarana yang menunjang dan siswa itu sendiri, sedangkan yang menjadi penghalangnya adalah keterbatasan guru, kemampuan, jiwa psikologi siswa yang berbeda dan kurang sesuainya kurikulum dengan materi yang disampaikan akan mengakibatkan sulitnya siswa dalam belajar.
Banyak sekali manfaat yang akan di peroleh dalam penerapan quantum teaching diantaranya adalah sangat mampu menciptakan suasana yang dapat membangkitkan semangat dalam proses belajar mengajar siswa maupun guru itu sendiri terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Karena dalam pendekatan quantum teaching terdapat pendekatan-pendekatan maupun metode yang dapat membuat suasana kelas menjadi menyenangkan dan tidak membosankan. Maka quantum teaching ini diharapkan dapat membangkitkan semangat belajar siswa terhadap Pendidikan Agama Islam dan juga meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan hasilnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Quantum Teaching; Pembelajaran PAI | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 06 Feb 2023 11:11 | ||||||
Last Modified: | 06 Feb 2023 11:11 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46192 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |