Rosyida, Meila Alfiana (2009) Profil Guru Pendidikan Agama Islam ideal di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110194.Pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (359kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Guru merupakan salah satu penentu keberhasilan dalam pendidikan. Untuk itu setiap adanya inovasi pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia yang dihasilkan dari upaya pendidikan harus bermuara pada guru. Citra guru berkembang yang tidak hanya sebagai pendidik yang profesional, akan tetapi guru harus mampu mencerminkan figur yang diteladani. Oleh karena itu, guru sering dijadikan tokoh identifikasi diri bahkan manjadi profil guru yang diidolakan dengan segala kebiasaan dijadikan patokan yang paling benar oleh peserta didik. Sehingga profil guru termasuk guru Pendidikan Agama Islam yang ideal dengan tolak ukur keberhasilannya yaitu pemenuhan segala sifat-sifat, ciri-ciri, dan tugas-tugas guru Pendidikan Agama Islam ideal. Dan jika hanya salah satu tolak ukur tidak dapat terpenuhi berdasarkan pendapat orang lain (kepala sekolah, GPAI, siswa) atau terjadi penyimpangan dari salah satu tolak ukur tersebut, guru Pendidikan Agama Islam itu tidak bisa dikatakan guru Pendidikan Agama Islam ideal
Berdasarkan dari permasalahan tersebut diatas rumusan masalah yaitu bagaimana profil guru Pendidikan Agama Islam ideal di SMA Negeri 4 Malang. Tujuan penelitian ini yaitu ingin menggambarkan profil guru Pendidikan Agama Islam yang ideal yang bertugas di SMA Negeri 4 Malang.
Penelitian ini menggunakan penelitian diskriptif kualitatif. Adapun sesuai dengan jenis datanya maka sumber data dalam penelitian ini adalah manusia dan non manusia. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui teknik yaitu: (1) teknik observasi. (2) teknik wawancara (interview). (3) dokumentasi dengan menggunakan analisis
iskriptif untuk menggambarkan, menuturkan, melukiskan menggunakan data yang bersifat kualitatif yang diperoleh melalui pengumpulan data.
Hasil penelitian bahwa guru Pendidikan Agama Islam ideal di SMA Negeri 4 Malang dapat digambarkan melalui sifat yang dimilikinya yaitu sabar, jujur dan memiliki rasa kasih sayang terhadap siswa dan sifat tersebut di terapkan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam menjalankan tugasnya yang tidak hanya mengajar, mendidik dan membimbing dalam kegiatan ektara kurikuler (BDI) dan sebelum menjalankan tugasnya tersebut ciri guru Pendidikan Agama Islam membuat perencanaan yang berupa RPP, Silabus, Prota, Promis dsb serta menampakkan ciri fisik guru Pendidikan Agama Islam yaitu berjilbab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ghony, M. Djunaidi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Profil guru; Pendidikan Agama Islam Ideal | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 06 Feb 2023 11:11 | ||||||
Last Modified: | 06 Feb 2023 11:11 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46171 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |