Huzaimah, Nur (2010) Pendidikan Islam perspektif Zakiah Daradjat. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110157.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan Islam adalah usaha bimbingan jasmani dan rohani pada tingkat kehidupan individu dan sosial untuk mengembangkan fitrah manusia berdasarkan hukum-hukum Islam menuju terbentuknya manusia ideal (insan kamil) yang berkepribadian muslim dan berakhlak terpuji serta taat pada Islam sehingga dapat mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat. Keluarga merupakan tempat pertama dimana proses pendidikan berlangsung. Kemudian dilanjutkan dengan sekolah dan masyarakat.
Kesulitan-kesulitan menjalankan tugas mendidik itu amat terasa, terutama ketika dihadapkan realitas bahwa pengaruh lingkungan sudah sedemikian kuat, bahkan melampaui kekuatan faktor-faktor pendidikan lainnya. Pada saat-saat seperti itulah orang tua sebagai tenaga edukatif pertama dalam lingkungan keluarga harus merealisasikan perannya sebagai pendidik secara utuh terhadap anaknya
Berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dengan judul “Pendidikan Islam Perpektif Zakiah Daradjat”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pendidikan Islam Zakiah Daradjat yang meliputi: pengertian pendidikan Islam, tanggung jawab pendidikan Islam, lingkungan pendidikan, serta konsep pendidikan Islam menurut Zakiah daradjat.
Penelitian ini bersifat Kepustakaan (Library Research) artinya kepustakaan murni (mencari buku dan kitab-kitab yang relevan) dengan judul skripsi. Dan menggunakan teknik Content Analysis artinya menganalisa isi buku yang relevan dengan judul dan bersumber dari hasil pengumpulan data kepustakaan. Dengan metode Deskriptif Analisis Kritis artinya mendeskripsikan gagasan manusia. Dalam hal ini, menelusuri tema yang diangkat yang terkait dengan peneliian ini yaitu konsep Pendidikan Islam. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan pendekatan deduktif dan induktif.
Konsep dari Zakiah Daradjat terutama tentang pendidikan Islam menunjukkan bahwa dalam tahap pendidikan yang pertama terdapat dimensi dalam diri manusia yaitu; dimensi fisik, akal, iman, akhlak, kejiwaan, keindahan, social-kemasyrakatan. Dan berkaitan dengan tanggung jawab pendidikan dalam islam yang dipegang oleh orang tua, guru dan masyarakat, dimana semua itu nantinya anaknya akan menjadi penerus kehidupan keluarga agama dan negaranya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mujab, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan Islam; Lingkungan Pendidikan | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 06 Feb 2023 11:11 | ||||||
Last Modified: | 07 Jul 2023 14:49 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46170 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |