Admawati, Dhewi Masithoh (2009) Penggunaan Metode Audio-Lingual dalam pembelajaran Bahasa Inggris untuk peningkatkan Pronunciation Siswa Kelas IV A MI Sunan Kalijogo Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140036.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (778kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pronunciation merupakan suatu bentuk pembelajaran yang penting dilakukan dalam pengajaran bahasa Inggris. Berbeda dengan bahasa Indonesia, pengajaran bahasa Inggris memiliki fonem (bunyi kata) dan pelafalan yang sedikit sulit untuk diajarkan anak-anak. Oleh karena itulah, pembelajaran pronunciation perlu diberikan sejak dini. Dengan mempelajari pronunciation siswa akan mengetahui bagaimana pengucapan (how to pronounce) sebuah kata yang benar. Hal ini dimaksudkan untuk membuat anak mengerti bagaimana cara mengucapan kata dalam bahasa asing (Inggris) untuk menghindari kesalahan berbicara atau membaca. Begitu pentingnya pronunciation dalam bahasa Inggris adalah karena salah pelafalan kata dalam bahasa Inggris dapat berakibat fatal. Salah dalam melafalkan satu huruf konsonan atau huruf vokal saja dalam suatu kata dapat membuat perbedaan kata yang akan berakibat pada kesalahan makna yang dimaksud.
Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan metode yang tepat. Oleh karena itu, dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode Audio-Lingual. Yakni, sebuah metode pengajaran bahasa Inggris yang lahir dari teori behavior phsycology yang menekankan drill dalam pelaksanaannya. Hal tersebut sesuai dengan pembelajaran pronunciation yang pada dasarnya membutuhkan lebih banyak latihan-latihan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Penelitian ini dilaksanakan di MI Sunan kalijogo Malang, dengan objek penelitian siswa kelas IV A. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan proses peningkatan kemampuan pronunciation dengan menggunakan metode Audio-Lingual pada siswa kelas IV A MI Sunan Kalijogo Malang. Sedangkan secara khusus tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah; 1) Mendeskripsikan proses perencanaan pembelajaran pronunciation dengan menggunakan metode Audio-Lingual pada siswa kelas IV A MI Sunan Kalijogo; 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pronunciation dengan menggunakan metode Audio-Lingual pada siswa Kelas IV A MI Sunan Kalijogo, dan 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran pronunciation dengan menggunakan metode Audio-Lingual pada siswa Kelas IV A MI Sunan Kalijogo.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research). Adapun penelitian ini terbatas pada penggunaan metode Audio-Lingual dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk meningkatkan pronunciation siswa yang pada akhirnya diharapkan mampu memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang penggunaan metode Audio-Lingual bagi guru dan pembaca. Penelitian ini dibagi menjadi empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Untuk mengetahui peningkatan pronunciation siswa dengan metode Audio- Lingual, peneliti melakukan pre test dan post test pada siswa kelas IV A MI Sunan Kalijogo yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan empat kali pertemuan. Pre test dilakukan sebelum siswa diberi tindakan. Adapun post test dilakukan ketika siswa sudah diberi tindakan. Hasilnya membuktikan bahwa nilai post test siswa lebih baik daripada nilai pre test siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari perbandingan rata-rata kelas sebelum dan setelah post test. Dari segi vowel (vokal) mengalami peningkatan sebesar 40%, consonant (konsonan) sebesar 34,9%, rhythm and word stress (ritma dan penekanan kata) 28,03%, intonation (intonasi) 37,7% dan fluency (kelancaran) sebesar 32,02%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ali, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Audio-Lingual; Peningkatan Pronunciation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 07 Feb 2023 07:30 | ||||||
Last Modified: | 07 Feb 2023 07:30 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46168 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |