Fitria, Zuliati (2009) Studi Komparasi antara Guru yang telah mengikuti Sertifikasi dan yang belum terhadap Kompetensi Profesional di Wilayah Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110192.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (632kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kebijakan pemerintah yang menghasilkan generasi bangsa yang berkompeten tidak lain adanya campur tangan seorang guru yang profesional. Salah satu terobosan yang sedang dilakukan pemerintah adalah melakukan standar kompetensi dan sertifikasi guru. Dengan pengembangan profesionalisme guru merupakan sesuatu yang tidak bisa ditawar lagi untuk meningkatkan mutu pendidikan. Sertifikasi merupakan sarana atau instrumen untuk mencapai suatu tujuan, bukan tujuan itu sendiri. Perlu adanya kesadaran dan pemahaman dari semua pihak bahwa sertifikasi adalah sarana untuk menuju kualitas. Kesadaran dan pemahaman ini akan melahirkan aktifitas yang benar, bahwa apapun yang dilakukan adalah untuk mencapai kualitas. Guru yang sudah mengikuti sertifikasi, tujuan utama bukan untuk mendapatkan tunjangan profesi, melainkan untuk dapat menunjukkan bahwa yang bersangkutan telah memiliki kompetensi sebagai syarat standar kompetensi guru, tunjangan profesi adalah konsekuensi logis yang menyertai adanya kemampuan yang dimaksud, dengan menyadari hal ini maka guru tidak akan mencari jalan lain guna memperoleh sertifikat profesi, maka sertifikasi akan membawa dampak positif, yaitu meningkatkan kualitas guru.
Berdasarkan uraian diatas, maka peneliti tertarik untuk mengetahui perbedaan pada guru yang sudah dan yang belum sertifikasi yaitu dengan: Studi komparasi antara guru yang telah mengikuti sertifikasi dan yang belum terhadap kompetensi profesional di wilayah kecamatan Gedeg kabupaten Mojokerto. Terkait dengan hal tersebut, peneliti akan merumuskan masalah sebagai berikut: (1) apakah terdapat perbedaan antara guru yang telah mengikuti sertifikasi dan guru yang belum dalam penguasaan materi terhadap kompetensi profesional.(2) apakah terdapat perbedaan antara guru yang telah mengikuti sertifikasi dan guru yang belum dalam proses pembelajaran terhadap kompetensi profesional.(3) apakah terdapat perbedaan antara guru yang telah mengikuti sertifikasi dan guru yang belum dalam semangat kerja terhadap kompetensi profesional.(4) apakah terdapat perbedaan antara guru yang telah mengikuti sertifikasi dan guru yang belum dalam penilaian kelas terhadap kompetensi profesional. Adapun penulisan skripsi ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui adanya perbedaan antara guru yang sudah dan belum sertifikasi dalam penguasaan materi terhadap kompetensi profesional.(2) untuk mengetahui adanya perbedaan antara guru yang sudah dan belum sertifikasi dalam proses pembelajaran terhadap kompetensi profesional.(3) untuk mengetahui adanya perbedaan antara guru yang sudah dan belum sertifikasi dalam semangat kerja terhadap kompetensi profesional.(4) untuk mengetahui adanya perbedaan antara guru yang sudah dan belum sertifikasi dalam penilaian kelas terhadap kompetensi profesional.
Penelitian ini dilakukan di SMPN I dan SMAN I di wilayah kecamatan Gedeg. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian komparasi. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner dan check-list. Analisis statistik menggunakan Uji t dan uji hipotesis
dengan membandingkan t hitung dengan t tabel jika - t tabel < t hitung maka Ho diterima jika t hitung <- t tabel atau t hitung > t tabel maka Ho ditolak. Dengan membandingkan nilai probabilitas yaitu =5%.
Kesimpulan yang dapat diambil dari analisis statistik dan pembahasan
adalah sebagai berikut: (1) Pada penguasaan materi terdapat perbedaan yang signifikan bagi guru yang sudah sertifikasi dengan yang belum sertifikasi terhadap kompetensi profesional.(2) Pada proses pembelajaran terdapat perbedaan yang signifikan bagi guru yang sudah sertifikasi dengan yang belum sertifikasi terhadap kompetensi profesional. (3) Pada semangat kerja terdapat perbedaan yang signifikan bagi guru yang sudah sertifikasi dengan yang belum sertifikasi terhadap kompetensi profesional. (4) Pada penilaian kelas terdapat perbedaan yang signifikan bagi guru yang sudah sertifikasi dengan yang belum sertifikasi terhadap kompetensi profesional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Prabowo, Sugeng Listyo | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Sertifikasi Guru; Guru dan Kompetensi Profesional | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 06 Feb 2023 11:13 | ||||||
Last Modified: | 06 Feb 2023 11:13 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46165 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |