Mufarrihah, Mufarrihah (2010) Strategi pengembangan profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dalam aspek Kompetensi Pedagogik di SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110151.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dewasa ini ada kecenderungan dalam masyarakat untuk menuntut profesionalisme dalam bekerja, walaupun istilah ini sering digunakan serampangan tanpa jelas konsepnya, namun hal tersebut menunjukkan refleksi dari adanya tuntutan yang makin besar dalam masyarakat agar hasilnya bermutu, penuh tanggung jawab, bukan sekedar dalam pelaksanaan. Bagaimana dengan profesi kependidikan atau keguruan? Sebab guru merupakan salah satu komponen manusiawi dalam proses belajar mengajar yang sangat berperan dalam usaha pembentukan sumberdaya manusia yang potensial di bidang pembangunan. Oleh karena itu guru sebagai salah satu unsur di bidang pendidikan harus berperan aktif dan menempatkan kedudukan sebagai tenaga profesional, sesuai dengan tuntutan masyarakat yang semakin berkembang. Dalam rangka ini guru tidak semata- semata bertugas sebagai salah satu pengajar yang hanya menstransfer ilmu pengetahuan, tetapi juga sebagai pendidik dan pembimbing.
Berangkat dari konsep di atas, maka skripsi ini diangkat dengan tujuan: 1) Mendeskripsikan kemampuan profesionalisme guru pendidikan agama Islam di SMA Nurul Jadid; 2). Mendeskripsikan strategi sekolah dalam mengembangkan profesinalitas guru pendidikan agama Islam di SMA Nurul Jadid. 3) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pengembangan profesionalisme guru pendidikan agama Islam di SMA Nurul Jadid.
Untuk mencapai tujuan tersebut, maka penelitian ini dirancang dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu mengungkapkan gejala secara holistik-kontekstual (secara utuh sesuai dengan konteks) melalui kegiatan pengumpulan data dari latar yang alami. Sedangkan data yang diperlukan, digali melalui teknik observasi, wawancara, interview, dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan analisa deskriptif kualitatif dengan cara menyusun dan mengelompokkan data yang ada, sehingga memberikan gambaran nyata kepada pembaca.
Dari kegiatan analisis tersebut diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Guru pendidikan agama Islam di SMA Nurul Jadid telah memiliki kemampuan profesionalisme yang baik, melihat empat aspek yang menjadi ruang lingkup penelitian ini: Pertama; kemampuan guru pendidikan agama Islam dalam memahami keberagaman peserta didik meskipun masih ada guru yang menganggap peserta didik sama, baik dalam kecerdasan, psikologi, serta fisik, ini disebabkan kurangnya pemahaman terhadap psikologi peserta didik. Kedua, kemampuan guru pendidikan Islam dalam menyusun rencana dan strategi pembelajaran, Ketiga, kemampuan guru pendidikan agama Islam dalam menciptakan pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Keempat, kemampuan guru pendidikan agama Islam dalam mengevaluasi hasil belajar peserta didik. 2) Banyak hal yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan profesinalisme di SMA Nurul Jadid, antara lain: (a) Mengadakan pembinaan secara rutin tiap bulan; (b) Mengikutsertakan guru dalam berbagai kegiatan ilmiah, seperti inservice training, seminar, lokakarya, sertifikasi guru dan sebagainya; (c) Meningkatkan kesejahteraan guru, agar mereka tidak mencari sumber penghasilan lain di luar SMA Nurul Jadid Pendidikan Agama Islam Paiton Probolinggo; (d) Melengkapi sarana dan prasarana pendidikan; (e) Mengawasi, memantau dan mengevaluasi kinerja para pengajar dengan memberikan bimbingan; (f) memberikan reward pada guru berprestasi (g) Mengadakan supervisi pendidikan. 3) Pengembangan profesionalisme guru pendidikan agama Islam tidak selalu berjalan dengan baik, namun terdapat faktor-faktor yang mempengaruhinya, baik internal ataupun eksternal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ghony, M. Djunaidi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords |