Darmawati, Af idah (2009) Upaya meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan Konstruktivistik melalui Metode Diskusi Kelompok pada Siswa Kelas VI SDN Jambangan 01 Kec. Dampit Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140035.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Strategi kelompok adalah salah satu bagian inti dari kegiatan pembelajaran kontruktivistik, yang mana siswa dituntut untuk menemukan pemecahan masalah dari pengetahuan yang mereka miliki, dan hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mengaktifkan siswa ketika proses belajar mengajar berlangsung. Dalam strategi kelompok tersebut kegiatan belajar mengajar harus direncanakan agar siswa memperoleh pengalaman-pengalaman, sehingga berkesempatan untuk mengalami proses-proses mencari dan bekerja sama dalam suatu kelompok. Pembelajaran yang dilaksanakan dalam kelompok memudahkan siswa untuk saling berinteraksi dengan teman-teman yang lain.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan PAI yang bermutu dengan menggunakan pendekatan konstruktivistik melalui metode diskusi kelompok, 2) Mendeskripsikan proses pelaksanaan PAI yang bermutu dengan menggunakan pendekatan konstruktivistik melalui metode diskusi kelompok, 3) Mendeskripsikan proses mengevaluasi PAI yang bermutu dengan menggunakan pendekatan konstruktivistik melalui metode diskusi kelompok. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan rancangan penelitian tidakan kelas yang melibatkan data kualitatif dan data kuantitatif.
Penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan beberapa metode, yaitu: metode observasi, metode wawancara serta metode dokumentasi. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil evaluasi siswa. Peneliti juga menyertakan tabel sebagai pendukung dan pelengkap uraian data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan konstruktivistik melalui metode diskusi kelompok dapat meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam siswa kelas VI SDN Jambangan 01 Kec. Dampit Malang. Bukti kualitatif dapat dilihat dari semakin meningkatnya keaktifan, motivasi serta daya ingat siswa pada saat menerima pelajaran. Pada tabel tanggapan pun mereka lebih menyukai pembelajaran dengan berdiskusi dalam kelompok. Sedangkan bukti kuantitatif dapat dilihat pada tabel hasil ulangan siswa, yang semakin meningkat setelah peneliti menerapkan pendekatan konstruktivistik melalui metode diskusi kelompok. Pada siklus III nilai rata-rata siswa sudah dapat melebihi batas ketuntasan yaitu nilai rata-rata siswa mencapai 87,12 yang semula 78,43 meningkat sekitar 0,91%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Gafur, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendekatan Konstruktivistik; Diskusi Kelompok; Mutu Pendidikan Agama Islam | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 07 Feb 2023 07:30 | ||||||
Last Modified: | 07 Feb 2023 07:30 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46156 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |