Herwanti, Tutik (2009) Teknik pengelolaan kelas dalam Film Freedom Writers. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110186.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (862kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dalam proses belajar, keberhasilan seorang siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor intern dan faktor ekstern. faktor intern meliputi keadaan fisik maupun psikologisnya. faktor ekstern meliputi keadaan disekitarnya baik sosial maupun non-sosial, mengingat kondisi demikian, tugas utama guru adalah menciptakan suasana dalam kelas agar terjadi interaksi belajar mengajar yang dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik dan sungguh-sungguh. Untuk itu guru sebaiknya memiliki kemampuan untuk melakukan interaksi belajar mengajar yang baik, salah satu kemampuan yang sangat penting yang harus dimiliki oleh guru adalah kemampuan dalam mengelola kelas. Siswa dapat belajar dengan baik, dalam suasana yang wajar tanpa tekanan dan dalam kondisi yang merangsang untuk belajar. Dengan menciptakan suasana yang menumbuhkan gairah belajar, meningkatkan prestasi belajar siswa, dan juga lebih memungkinkan guru memberikan bimbingan terhadap siswa dalam belajar, hal tersebut diperlukan pengorganisasian atau pengelolaan kelas yang memadai.
Film Freedom Writers sebagai objek dalam penelitian ini menceritakan tentang pengalaman mengajar pertama seorang guru bernama Erin Gruwell pada tahun 1994 di Long Beach, California, USA. Film ini menceritakan upaya guru dalam mengelola kelas. Kajian dalam penelitian ini difokuskan pada bagaimana teknik guru dalam mengelola kelas, hambatan apa yang dihadapi guru dalam teknik pengelolaan kelas, dan apa upaya guru dalam mengatasi hambatan dalam teknik pengelolaan kelas. Adapun tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi mengenai teknik guru dalam mengelola kelas, hambatan guru dalam mengelola kelas dan upaya apa saja yang dilakukan guru dalam pengelolaan kelas.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif sebagai metode penelitian. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan analisis dokumen dengan teknik Content Analisis (analisis isi).
Hasil penelitian menujukkan bahwa teknik pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru dalam film tersebut termasuk jenis pengelolaan kelas yang bersifat kuratif dan juga melakukan pengelolaan kelas secara fisik. Hambatan yang dihadapi guru dalam mengelola kelas pada film Freedom Writers adalah tidak adanya dukungan dari pihak sekolah terhadap program yang direncanakan oleh Ms. Erin Gruwell. Upaya yang dilakukan guru dalam film tersebut adalah (a). Bekerja part time, (b). Membelikan buku tentang kekerasan geng untuk murid- muridnya (c).tidak ada bantuan dari rekan sesama guru, dan memintakan izin pada pihak sekolah agar dapat membaca buku tersebut, (d). Meminta dukungan kepada kepala pendidikan daerah Long Beach untuk mendukung program yang direncanakan Ms. Erin Gruwell.
Saran yang dapat penulis sampaikan untuk peneliti selanjutnya agar mengkaji film lebih dalam, karena film tidak hanya berkaitan dengan salah satu aspek saja. dan film tidak lepas dari kondisi sosial suatu masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimun, Agus | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Teknik; Pengelolaan Kelas; Film | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 06 Feb 2023 11:12 | ||||||
Last Modified: | 06 Feb 2023 11:12 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46154 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |