Ulum, A. Miftakhul (2010) Inovasi Pendidikan Agama Islam di Lembaga Pendidikan Islam Bersistem Boarding School : Studi Kasus di Madrasah Aliyah Ma’arif Nahdlatul Ulama’ Kota Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110148.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pembangunan di bidang pendidikan merupakan upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dalam meningkatkan kualitas kehidupan manusia Indonesia dalam rangka menciptakan manusia yang berpotensi dan berakhlak mulia. Karena pendidikan mempunyai peran yang sangat urgen untuk menjamin perkembangan dan kelangsungan kehidupan suatu bangsa, dan menjadi cermin kepribadian masyarakat, khususnya pembangunan atau pambaharuan pendidikan agama Islam yang mana tujuannya sudah jelas yaitu untuk pembentukan akhlak dan pemberian pedoman hidup yang baik pada seluruh siswa. Dan melalui lembaga pendidikan lah pembaharuan dalam bidang pendidikan Islam ini dapat diwujudkan.
Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa sebuah inovasi dalam bidang pendidikan Islam ini menjadi sesuatu yang wajib dilaksanakan disetiap lembaga pendidikan berlabel Islam. Seakan- akan mereka berlomba- lomba memperbaharui lembaganya dalam berbagai aspek, diantaranya adalah aspek pendidikan dengan melakukan langkah-langkah baru yang bertujuan untuk menunjang pendidikan dan menghasilkan output pendidikan yang telah ditetapkan dan disepakati bersama. Mau tidak mau setiap lembaga pendidikan harus melakukan itu, baik negeri maupun swasta khususnya lembaga pendidikan Islam yang menerapkan sistem asrama didalamnya demi kelangsungan hidup lembaga pendidikan itu sendiri kedepannya dan juga menjaga serta mewujudkan kepercayaan dan harapan masyarakat terhadap lembaga pendidikan Islam tersebut. Berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam bentuk skripsi dan mengambil judul “ Inovasi Pendidikan Agama Islam Di Lembaga Pendidikan Islam Bersistem Boarding School (Studi Kasus Di Madarsah Aliyah Ma’arif Nahdlatul Ulama’ Kota Blitar)”. Karena penulis melihat bahwa lembaga pendidikan Islam bersistem boarding school atau sistem asrama tersebut jelas mempunyai tanggung jawab yang lebih besar dalam kaitanya dengan kualitas pendidikan agama Islam dan juga hasil dari pendidikan itu sendiri.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan pendidikan agama Islam di lembaga pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Ma’arif NU kota Blitar sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam yang menerapkan sistem asrama didalamnya, untuk mengetahui bentuk- bentuk inovasi dalam bidang pendidikan Islam yang diterapkan dan dikembangkan di Madrasah Aliyah Ma’arif NU kota Blitar tersebut.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pelaksanaan pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Sesuai dengan jenis penelitiannya, untuk analisisnya penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Adapun hasil dari penelitian yang penulis lakukan di Madrasah Aliyah Ma’arif NU kota Blitar tentang inovasi pendidikan Islam dapat disampaikan disini bahwasanya proses pelaksanaan pendidikan agama Islam di lembaga tersebut dibagi dalam tiga waktu yang disebut dengan intra. Yaitu intra pagi untuk pendidikan formal, intra sore untuk pengembangan bahasa Arab dan Insggris, kemudian intra malam yang menggunakan kurikulum pondok pesantren. Sedangkan bentuk atau wujud dari inovasi pendidikan agama Islam yang diterapkan di Madrasah Aliyah Ma’arif NU kota Blitar tersebut dibagi dalam empat aspek. Yang pertama yaitu inovasi dalam aspek tujuan pendidikan Islam. Kedua adalah inovasi dalam aspek materi atau konten kurikulum dan pengajaran. Ketiga adalah inovasi dalam aspek pendidikan dan proses. Dan yang terakhir adalah inovasi pendidikan dalam aspek sarana dan prasarana. Dengan berbagai inovasi dalam bidang pendidikan tersebut lembaga berharap dapat mewujudkan sebuah output pendidikan yang diharapkan oleh para orang tua dan masyarakat pada umumnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hady, M. Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Inovasi; PAI (Pendidikan Agama Islam) | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 03 Feb 2023 14:35 | ||||||
Last Modified: | 03 Feb 2023 14:35 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46152 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |