Fitri, Anissia Lailatul (2016) Sistem Pendidikan Islam Nabi Muhammad SAW pada Buku Muhammad Super Leader Super Manager karya Syafi’I Antonio. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12110087.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Salah satu usaha untuk menumbuhkan dan menjadikan manusia Indonesia seutuhnya sebagaimana yang tercantum dalam firman Allah SWT maupun di dalam UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 adalah melalui Pendidikan Islam. Pendidikan Islam pertama dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW, seorang nabi dan guru yang telah berhasil menciptakan generasi unggul sebagai out-put dari pendidikan Islam. Kemampuan beliau membina dan membentuk satu komunitas yang memiliki peradaban tinggi merupakan suatu sistem pendidikan terbaik sepanjang masa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pendidikan Islam Nabi Muhammad SAW pada buku Muhammad Super Leader Super Manager karangan Syafi’I Antonio. Buku tersebut, merupakan salah satu buku yang membahas tentang leadership dan manajemen Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan terbaik, salah satunya dalam lingkup pendidikan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sehingga laporan penelitian akan berisi kutipan-kutipan data berupa kata, kalimat, paragraf, teks dari pemahaman makna secara keseluruhan, kemudian dilakukan penafsiran dan pengkategorian data yang terkandung dalam buku Muhammad SAW Super Leader, Super Manajer. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode analisis konten (Content Analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pendidikan Islam Nabi Muhammad SAW pada buku Muhammad SAW Super Leader, Super Manajer terdiri dari 4 komponen pendidikan, yaitu 1) tujuan pendidikan Islam yaitu mengembangkan seluruh potensi manusia (tarbiyah), mentransfer ilmu dari guru ke murid (ta’lim), dan mendidik akhlak dan budi pekerti (ta’dib), 2) pendidik tugas yang harus dipenuhi (membuat rencana kerja yang jelas untuk kemajuan peserta didik,menjadikan diri sebagai model atau teladan), dan sifat yang harus dimiliki (ikhlas, jujur, mengamalkan Ilmu, adil, akhlak Mulia, tawadhu’, berani, ceria, sabar, menjaga lisan, bermusyawarah), 3) lembaga pendidikan (rumah, masjid, as-suffah,al-Khuttab), 4) metode (diskusi dan memberi tanggapan, bercerita, perumpamaan dan studi kasus, gambar dan grafik) dan teknik yang diterapkan (yaitu pengkondisian suasana belajar, berinteraksi secara aktif melalui interaksi pendengaran dan penglihatan, menggunakan bahasa tubuh, melakukan refleksi diri, memberikan afirmasi dan pengulangan, mengajarkan inti pelajaran, menerka dengan pertanyaan, membiasakan siswa dengan berbagai tantangan, jujur, mengamati dan mengelompokkan.
ENGLISH:
One attempt to grow and make the whole Indonesian person as stated in the word of Allah and in the Education Law No. 20 Year 2003 is through Islamic Education. Islamic education first performed by the Prophet Muhammad, a prophet and a teacher who has managed to create a superior generation as out-put of Islamic education. His ability to build and set up a community that has a high civilization is an educational system is the best of all time.
The purpose of this study was to determine the educational system of Islamic Prophet Muhammad in a book Super Leader Super Manager bouquet Shafi'i Antonio. The book, is one of the books about leadership and management of the Prophet Muhammad as the best role models, one of them within the scope of education.
This study used a qualitative descriptive approach, so that the research reports will contain excerpts data such as words, sentences, paragraphs, the text of the understanding of overall meaning, then do the interpretation and categorization of data contained in the book Muhammad Super Leader Super Manager. The collection of research data using content analysis method (Content Analysis).
The results showed that the education system of the Islamic Prophet Muhammad in a book Super Leader Super Manager consists of four components of education, namely 1) the objectives of Islamic education is to develop the full potential of human beings (tarbiyah), to transfer knowledge from teacher to student (ta'lim ), and educates morals and manners (ta'dib), 2) educators tasks that must be met (to make a clear work plan for the advancement of learners, making himself as a model or example), and the qualities that should be (sincere, honest, the practice of science, justice, morals Noble, tawadhu ', bold, cheerful, patient, keeping oral, deliberation), 3) educational institutions (homes, mosques, as-Suffah, al-Khuttab), 4) methods (discussion and comment, storytelling, imagery and case studies, images and graphics) and techniques were applied (ie the conditioning atmosphere for learning, interacting actively through the interaction of sound and vision, using body language, self-reflection, provide affirmation and repetition, teaches core subjects, guess the question , familiarize students with various challenges, honestly, observing, scanning, and leveling.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asrori, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Sistem; Pendidikan Islam; Muhammad SAW Super Leader; Systems; Islamic Education; Muhammad Super Leader Super Manager | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dimas Andika Putra | ||||||
Date Deposited: | 25 Aug 2016 09:28 | ||||||
Last Modified: | 25 Aug 2016 09:28 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4615 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |