Sholihah, Lilis Mar'atus (2009) Kode Etik Guru dalam Pendidikan Islam: Studi kasus kajian atas pemikiran Muhammad Athiyah Al-Abrasyi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110179.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (426kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan secara sederhana dapat diartikan sebagai usaha membentuk kepribadian manusia sesuai dengan nilai-nilai dan kode etik yang terdapat dalam masyarakat dan Negara. Di samping itu, pendidikan harus dimengerti secara luas dan umum sebagai usaha sadar yang dilakukan oleh pendidik melalui bimbingan, pengajaran, dan latihan untuk membantu peserta didik mengalami proses pemanusiaan menuju pribadi yang dewasa-susila, yakni sosok manusia yang sudah terisi secara penuh bekal pengetahuan serta memiliki integritas moral yang tinggi. Berkaitan dengan pendidikan ini, maka komponen yang paling penting dalam proses pendidikan adalah pendidik dan anak didik. Hubungan antara guru dan murid dalam Islam tidak berdasarkan untung-rugi, terlebih untung rugi dalam bidang ekonomi. Inilah yang menyebabkan pernah munculnya pendapat dari ulama’ yang mengharamkan guru menerima gaji dari pekerjaannya mengajar tersebut, karena hubungan guru-murid dalam Islam pada hakikatnya adalah hubungan keagamaan yang tak ternilai harganya. Seiring dengan perkembangan zaman, terjadi pergeseran pola hubungan guru dan murid; nilai-nilai ekonomi sudah banyak menggerakkan kebijakan-kebijakan. Penghargaan murid terhadap guru semakin menurun, harga karya guru semakin tinggi, dan penghargaan guru terhadap dirinya semakin rendah. Mengingat sangat urgennya peran guru dalam proses pendidikan, maka banyak para ulama’ yang menulis tentang kewajiban, sifat – sifat, ataupun tugas yang harus dimiliki oleh guru dan murid.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis memformulasikan masalah kode etik guru dalam pendidikan Islam prespektif Muhammad Athiyah Al-abrasyi. Untuk itu perlu mengkaji kembali ajaran Islam baik Al-Qur'an, hadist, sejarah Islam maupun tulisan para ulama' dan sarjana muslim dari berbagai disiplin ilmu dalam rangka mencari paradigma baru pendidikan islam dengan demikian kita bisa menghidupkan kembali warisan pendidikan Islam pada zaman keemasan. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian library research.
Hasil dari penelitian ini meliputi aspek personal dan professional. Kode etik guru dalam pendidikan Islam yang dikemukakan oleh Muhammad Athiyah al- Abrasyi meliputi: 1. Kode etik guru yang berhubungan dengan diri sendiri; a. Bersifat zuhud, b. Bersih dari dosa dan sifat-sifat tercela. 2. Kode etik guru yang berhubungan dengan murid dan sesama guru; a. Bersikap bijaksana dan tegas, b. Bersifat pemaaf dan sabar, c. Memiliki wibawa dan harga diri, d. Mencintai muridnya seperti mencintai anaknya sendiri, e. Mengetahui tabi’at murid. 3. Kode etik guru yang berhubungan dengan tugasnya; a. Ikhlas dalam pekerjaan, b. Menguasai bidang study, c. Mampu menciptakan komunikasi aktif antara pendidik dan anak didik.
Hasil pemaparan di atas diharapkan mampu menggugah semangat para pendidik untuk senantiasa memperbaiki kualitasnya sebagai pendidik dan ttidak mengabaikan tugas utamanya, yaitu mencerdaskan anak bangsa dan mendidik moral mereka. Di samping itu juga mampu membangkitkan ghirah para peneliti untuk meneliti lebih dalam mengenai kode etik yang akan menjadi pedoman moral dan tinggkah laku guru dalam tugas dan di luar tugasnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hady, M. Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kode etik; Guru | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 03 Feb 2023 14:21 | ||||||
Last Modified: | 03 Feb 2023 14:21 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46142 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |