Hadi, Joko Prasetyo (2016) Internalisasi Nilai-nilai agama Islam dalam pembentukan karakter siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di MTs Muslim Pancasila Wonotirto Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
12110240.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan di Indonesia dalam dekade terakhir banyak menuai problem, salah satunya dengan mulai keroposnya moralitas atau karakter yang melanda generasi muda dan ini menjadi pembahasan penting yang patut diperhatikan oleh kita semua. Seperti halnya banyak siswa yang memperlihatkan karakter yang dianggap kurang baik seperti pergaulan bebas atau yang lainnya. Melihat problem tersebut maka perlu adanya beberapa trobosan salah satunya melalui internalisasi nilai-nilai agama Islam yang diterapkan di sekolah baik melalui bentuk pengajaran di kelas maupun kegiatan lain seperti kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. Oleh karena itu peneliti terfokus pada proses dan implikasi dari internalisasi nilai-nilai agama Islam melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dan berharap bisa dijadikan sebuah solusi dalam pembentukan karakter.
Dalam penelitian ini menggunakan penelitian yang bersifat kualitatif deskriptif. Untuk mpengumpulan data, peneliti menggunakan metode observatif, wawancara (interview) dan juga dokumentasi dengan menggunakan analisis deskriptif untuk menggambarkan dan melukiskan data yang diperoleh.
Dari hasil yang didapat, proses penanaman nilai-nilai agama Islam dalam pembentukan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di MTs Muslim Pancasila menggunakan dua cara yaitu langsung dan tidak langsung. Cara langsung bisa menggunakan beberapa cara diantaranya pembiasaan, keteladanan, pengawasan sampai pemberian sanksi. Sedangkan cara tidak langsung melalui pemberian pengetahuan kegamaan di kelas. Untuk menuai hasil yang lebih maksimal pada proses internalisasi nilai-nilai agama Islam melalui beberapa tahapan yaitu pertama, tahapan pemberian pengetahuan dan pemahaman, disini anak diberi pengetahuan secara teori tentang keagamaan dan pemberian pemahaman dengan penanaman keyakinan kepada siswa. Kedua, tahap pembiasaan merupakan proses membiasakan diri melalui pengalaman langsung. Ketiga, tahap transinternalisasi merupaka proses dimana anak bisa memperlihatkan karakter baik dalam lahirnya dan juga fisiknya yang sesuai ajaran Islam. Keempat, kebutuhan, disini anak sudah tumbuh kesadaran yang tinggi untuk melakukan sesuatu tinggi. Kelima, tahap evaluasi melihat sejauh mana pengetahuan keagamaan dan perilaku anak. Implikasi internalisasi nilai-nilai agama Islam dalam pembentukan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di MTs Muslim Pancasila dapat membantu para siswa untuk lebih mudah menghayati nilai agama islam dan juga dapat membantu dalam menekan kenakalan remaja dan mencegah pengaruh buruk pada karakter siswa.
ENGLISH:
Education in Indonesia in the last decade has many problems, one of them with a start from the decline of morality or character that hit young people and has become an important discussion which should be noted by all of us. As with many students who show the character which is considered unfavourable as promiscuity or other. Seeing these problems hence the need for some breakthroughs one through the internalization of the values of the Islam are implemented in schools either through form in the classroom as well as other activities such as religious extracurricular activities. Therefore, researchers focused on the process and implications of the internalization of religious values Islam through religious extracurricular activities and hope can be used as a solution for the character building.
this study using qualitative descriptive study. To collect data, researchers using the method observatif, interview (interview) and also the documentation by using the descriptive analysis to describe and delineate the data obtained.
From the results obtained, the process of the cultivation of the values of the Islamic religion in the formation of character through extracurricular activities in religious Muslim Pancasila MTs uses two ways i.e. direct and indirect. Straightforward way could use several ways including conditioning, example, supervision until the sanctions. While not directly through the granting of knowledge kegamaan in the class. To reap maximum results on the process of internalizing the values of Islam through several stages: first, the stages of the grant of a knowledge and understanding of the child being given here, knowledge is theoretically about religious and granting of an understanding with the planting of confidence to students. The second stage is the process of conditioning, familiarize yourself through direct experience. Third, the stage of the transinternalisasi is the process by which the child can show the character in both the birth and also the corresponding physical teachings of Islam. Fourth, the needs of the growing child, here a high awareness to do something high. Fifth, the evaluation phase saw the extent of religious knowledge and behaviour of children. Implications of internalization of the values of the Islamic religion in the formation of character through extracurricular activities in MTs Muslim Pancasila can help students to more easily live up to the values of islam and can also help reduce juvenile delinquency and prevent bad influence on the character of student.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasyim, Farid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Internalisasi nilai-nilai agama Islam; Karakter siswa; Kegiatan esktrakurikuler keagamaan; Internalization of the values of the Islamic religion; The character of the students; Religious esktrakurikuler activities | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Siti Maimunah | ||||||
Date Deposited: | 25 Aug 2016 09:23 | ||||||
Last Modified: | 25 Aug 2016 09:23 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4614 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |