Khotimah, Khusnul (2009) Implementasi Pembelajaran Berbasis Sumber (Resource Based Learning) dalam meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi Zakat Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sidoarjo Kelas X-X. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110177.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (386kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dalam sebuah lingkup pendidikan, terutama sekolah menengah ke atas, persoalan pembelajaran merupakan kegiatan utama. Berhasil atau tidaknya suatu pembelajaran, dipengaruhi oleh metode yang digunkana. Pembelajaran berbasis Sumber (resource based learning) adalah suatu metode yang memanfaatkan berbagai sumber yang ada, baik media elektronik, non elektronik, maupun manusia itu sendiri.
Resource based learning adalah metode pembelajaran yang mana pembelajan ini memanfaatkan berbagai sumber belajar, serta pemanfaatan pusat belajar dalam artian lingkungan atau tempat.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian diskriptif kualitatif. Dan dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode Observasi, Interview, tes dan Dokumentasi Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu berupa penggambaran dengan kata-kata atau kalimat yang di pisah-pisahkan menurut kategori data penelitian guna mendapatkan suatu kesimpulan, gambaran dengan kata-kata atau kalimat dengan cara induktif.
Jenis penelitian diskripsif kualitatif ini berjudul Efektifitas Pembelajaran Berbasis sumber (Resource Based Learning) dalam meningkatkan Penguasaan Siswa terhadap materi zakat di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo Kelas X-X. Hal ini berdasarkan bahwa metode RBL sangat penting dalam meningkatkan perkembangan kognitif, afektif dan psikomotorik siswa pada mata pelajaran fiqih pada materi zakat.
Beberapa hal yang ingin penulis ketahui dalam penelitian ini adalah:
1. Bagaimana Pelaksanaan Resource Based Learning (RBL) dalam pembelajaran materi zakat di MAN Sidoarjo?
2. Bagaimana penguasaan siswa terhadap materi zakat di MAN Sidoarjo?
3. Bagaimana efektifitas Resource Based Learning (RBL) dalam meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi zakat di MAN Sidoarjo?
Untuk mendapatkan jawaban dari rumusan masalah di atas, penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, interview, questioner (angket), tes dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisa data yang sudah dikumpulkan penulis menggunakan teknik editing, pengorganisasian data, sedangkan teknik penganalisaan data menggunakan rumus teknik Prosentase kualitatif.
Rumus yang digunakan adalah
P = F ×
N
100%
untuk mengetahui
Implementasi Pembelajaran Berbasis Sumber (Resource based learning) dalam meningkatkan pengguasaan siswa terhadap materi Zakat.
Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan disini, bahwasannya guru dan siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sidoarjo telah melaksanakan pembelajaran berdasarkan sumber secara efektif serata seiwa menaglami peningkatan pengguasaan mereka terhadap materi zakat. Hal ini dapat dilihat dari cara mengerjakan soal pre test, post test, nilai unian serta sikap dan antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran ini.
Setelah penulis menganalisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran berbasis Sumber (resource based learning/RBL) sangat efektif dalam meningkatkan penguasaan siswa pada materi zakat dengan interpretasi sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Aziz, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran; Metode RBL; Penguasaan Materi Zakats | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 03 Feb 2023 14:20 | ||||||
Last Modified: | 03 Feb 2023 14:20 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46136 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |