Aisyah, Iin (2009) Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada sekolah bertaraf Internasional: Studi kasus di SD Negeri Bertaraf Internasional Tlogowaru Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110171.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (751kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan Agama Islam adalah salah satu bidang studi yang wajib diberikan kepada peserta didik di setiap jenjang pendidikan, dimana pelaksanaannya telah menjadi komitmen nasional. Sehingga keberadaannya menjadi unsur mutlak dalam pembentukan watak dan moral Bangsa Indonesia yang sekaligus menjadi bekal peserta didik dalam mengarungi kemajuan zaman.Pendidikan merupakan salah satu aspek yang sangat penting untuk membentuk generasi yang siap mengganti tongkat estafet generasi tua dalam rangka membangun masa depan. Karena itu pendidikan berperan mensosialisasikan kemampuan baru kepada mereka agar mampu mengantisipasi tuntutan masyarakat yang dinamik. Demikian dengan Pendidikan Agama Islam yang berusaha memberikan dan menanamkan nilai- nilai religius yang menjadi dasar dan benteng serta pegangan bagi peserta didik dan umat manusia dalam mengarungi kehidupan yang serba canggih.
Begitu juga dengan Strategi Pembelajaran mempunyai peranan penting sebab merupakan jembatan yang menghubungkan pendidkan dengan anak didik menuju kepada tujuan pendidikan Islam yaitu terbentuknya kepribadian muslim. Berhasil atau tidaknya proses pembelajaran ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yang mendukung pelaksanaan pembelajaran salah satunya adalah strategi pembelajaran. Prinsip umum penggunaan strategi pembelajaran adalah bahwa tidak semua strategi pembelajaran cocok digunakan untuk mencapai semua kompetensi dan semua keadaan. Setiap strategi memiliki kekhasan sendiri- sendiri. Strategi pembelajaran disekolah hendaknya bisa memberi kesempatan bagi setiap murid untuk berkembang secara optimal sesuai dengan kemampuan, kecerdasan, bakat dan minatnya masing-masing. Karena pada dasarnya keberhasilan dalam kegiatan ini bukanlah semata-mata ditentukan oleh faktor murid saja (kecerdasan muridnya), akan tetapi keprofesionalitasan guru dalam penerapan strategi pembelajaran juga manjadi faktor penentu dalam keberhasilan pendidikan..
Berdasarkan latar belakang diatas, maka perlu kiranya diteliti tentang Strategi Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Bertaraf Internasional (Studi kasus di SD Negeri Bertaraf Internasional Tlogowaru Malang). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan bagaimana strategi pembelajaran mata pelajaran PAI di SD Negeri Bertaraf Internasional Tlogowaru Malang dan menjelaskan tentang bagaimana kesiapan sumber daya manusia (SDM) dalam mengaplikasikan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Bertaraf Internasional Tlogowaru Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, untuk mengumpulkan data penelitian digunakan teknik interview, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitataif. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik presistant (ketekunan pengamat), triangulasi dan peerderieting (pemeriksaan sejawat melalui diskusi).
Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Bertaraf Internasional Tlogowaru Malang Pendidikan Agama Islam dalam konteks Knowladge dilaksanakan dengan melalui strategi pembelajaran yang PAIKEM dengan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL). Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam selanjutnya adalah pembelajaran mengaji . Adapun strategi yang diambil dalam pembelajaran mengaji ini dengan menggunakan metode Qiro’ati dengan sistem akselerasi. Proses pembelajaran Qiro’ati tersebut tidak terpaku dalam kegiatan mengaji saja, akan tetapi diselingi dengan pendidikan akhlak yang mana tujuan dari semua ini disamping siswa dapat mengaji Al-Qur’an dengan lancar dan benar meraka juga dapat mengimbanginya dengan perilaku akhlak yang baik dan mulia sesuai dengan visi sekolah. Dalam setiap kegiatan pembelajarannya didukung dengan komputer Multimedia. Kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) di SD Negeri Bertaraf Internasional Tlogowaru Malang dalam mengaplikasikan strategi pembelajaran didukung oleh lokasi sekolah yang strategis, keanekaragaman fasilitas yang tersedia dengan basic ICT, serta guru dan kepala sekolah yang profesional. Demikian juga selanjutnya, kesiapan SDM di SD Negeri Bertaraf Internasional Tlogowaru Malang dalam mengaplikasikan strategi pembelajaran juga mengalami beberapa hambatan didalamnya yang mana diantaranya adalah sebagian guru PAI di SD Negeri Bertaraf Internasional Tlogowaru Malang bukan PNS dan masih belum dibangunnya Masjid untuk mengaktualisasikan kegiatan siswa.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, disarankan kepada sekolah, khususnya bagi guru Pendidikan Agama Islam untuk leih menungkatkan profesionalitasnya dalam mengajar dan lebih kreatif dalam menggunakan media pembelajaran yang telah tersedia sehingga pendidikan agama islam bisa menjadi pelajaran yang menjadi prioritas utama bagi siswa pada umumnya dan orang tua pada khususnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasyim, Farid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam; Sekolah Dasar Bertaraf Internasional (SDBI) | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 03 Feb 2023 14:31 | ||||||
Last Modified: | 03 Feb 2023 14:31 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46127 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |