Thomafi, Nur Asiyah Sholihah (2010) Pengaruh profesionalisme guru terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadist siswa kelas X MA NU Banat Kudus. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110138.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (799kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Profesionalisme guru merupakan kondisi, arah, nilai, tujuan dan kualitas suatu keahlian dan kewenangan dalam bidang pendidikan dan pengajaran yang berkaitan dengan pekerjaan seseorang yang menjadi mata pencaharian. Profesionalisme guru yang dimaksud dalam skripsi ini adalah guru Al-Qur’an Hadits yang profesional. Adapun guru profesional itu sendiri adalah guru yang berkualitas, berkompetensi, dan guru yang dikehendaki untuk mendatangkan prestasi belajar serta mampu mempengaruhi proses belajar mengajar siswa, yang nantinya akan menghasilkan prestasi belajar siswa yang lebih baik. Kompetensi guru yang diteliti meliputi empat kategori. Pertama, kemampuan guru dalam merencanakan program belajar mengajar. Kedua, kemampuan guru dalam menguasai bahan pelajaran. Ketiga, kemampuan guru dalam melaksanakan dan memimpin/mengelola proses belajar mengajar. Dan keempat, kemampuan dalam menilai kemajuan proses belajar mengajar. Prestasi belajar adalah hasil belajar yang dicapai setelah melalui proses kegiatan belajar mengajar. Prestasi belajar siswa dapat ditunjukkan dalam bentuk nilai yang diberikan guru berupa raport yang merupakan hasil dari beberapa bidang studi yang telah dipelajari oleh peserta didik.
Dari paparan diatas terlihat bahwa profesionalisme guru berpengaruh terhadap prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh profesionalisme guru Al-Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar Al- Qur’an Hadits siswa MA NU Banat Kudus, dan untuk mengetahui berapa besar pengaruh proesionalisme guru Al-Qur’an Hadits terhadap prestasi Al-Qur’an Hadits belajar siswa MA NU Banat Kudus.
Penelitian ini, kami menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan beberapa metode yaitu wawancara (Interview) Dokumentasi, Angket, dan Observasi. Setelah memperoleh data, peneliti menganalisis data melalui dua tahap. Tahap pertama yaitu Editing, Coding, Tabulasi, dan penerapan data sesuai dengan pendekatan penelitian.Tahapan kedua yaitu dengan pengujian instrument melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Selanjutnya dengan pengujian hipotesis melaui uji korelasi dan uji regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa profesionalisme guru di MA NU Banat adalah cukup baik atau sedang. Kemampuan professional guru Al-Qur’an Hadits digambarkan dengan kemampuan menguasai bidang studi dilihat dari latar belakang pendidikan guru yang memiliki kualifikasi akademik dan guru mengajar sesuai dengan keahlian dan jurusan yang dimilikinya, kemampuan memahami peserta didik, kemampuan menguasai pembelajaran yang mendidik melalui kemampuan memahami jenis mata pelajaran, mengorganisasikan materi pelajaran serta mendayagunakan sumber belajar. Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa prestasi belajar siswa adalah cukup baik atau sedang.
Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa di MA NU Banat Kudus. Profesionalisme guru tersebut dapat mempengaruhi prestasi hasil belajar siswa sebesar 50%. Sedangkan faktor 50% lainnya dapat dipengaruhi oleh faktor internal siswa dan faktor eksternal lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ghony, M. Djunaidi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Profesionalisme Guru Al-Qur’an Hadits; Prestasi Belajar Al- Qur’an Hadits | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 03 Feb 2023 14:31 | ||||||
Last Modified: | 03 Feb 2023 14:31 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46126 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |