Responsive Banner

Pengaruh metode Reward and Punishment terhadap peningkatan Motivasi belajar Qur’an- Hadits di MAN Kandangan Kediri

Masruroh, Umi (2007) Pengaruh metode Reward and Punishment terhadap peningkatan Motivasi belajar Qur’an- Hadits di MAN Kandangan Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Full text)
03110036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (713kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Metode pembelajaran merupakan suatu teknik untuk mencapai tujuan. Dengan adanya metode pembelajaran diharapkan kegiatan belajar mengajar dapat berjalan sesuai dengan tujuan pendidikan, namun dalam kenyataannya masih ada siswa yang tidak fokus pada pelajaran, untuk itu diperlukan metode yang sesuai dan dapat meningkatkan minat belajar siswa. Adapun salah satu metode yang digunakan oleh guru MAN Kandangan Kediri adalah metode reward dan punishment, dengan menerapkan metode reward dan punishment diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, karena dengan metode reward akan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan dengan diberikan punishment ini diharapkan dapat menertibkan siswa yang mengganggu dalam proses belajar mengajar. Kedua metode ini dapat menimbulkan motivasi sehingga siswa akan antusias dalam belajar Qur’an-Hadits. Dalam kegiatan belajar mengajar memang sangat penting diterapkan metode reward dan punishment sebagai salah satu metode pembelajaran.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikans pengaruh metode reward dan punishment terhadap peningkatan motivasi belajar Qur’an-Hadits di MAN Kandangan Kediri, untuk mengetahui seberapa pengaruh metode reward dan punishmen terhadap peningkatan motivasi belajar Qur’an-Hadits di MAN Kandangan Kediri.

Penelitian ini menggunakan Korelas Product Moment serta dengan menggunakan metode dokumentasi, kuesioner, dan observasi. Adapun metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik dengan taraf signifikan 0,05 dan apakah ada pengaruh yang signifikan metode reward dan punishment terhadap peningkatan motivasi belajar Qur’an-Hadits, dan untuk memperkuat analisis ini digunakan analisis deskriptif yang digunakan untuk menganalisis hasil pengamatan mengenai pengaruh metode reward dan punishment,

Hasil penelitian dari analisis data yang diperoleh dari hasil penelitian mengenai pengaruh metode reward dan punishment terhadap peningkatan motivasi belajar Qur’an-Hadits di MAN Kandangan Kediri mempunyai pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan motivasi belajar Qur’an-Hadits yaitu sebesar 42%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Muhammad, Suaib H.
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDMuhammad, Suaib H.UNSPECIFIED
Keywords: Metode Reward dan Punishment; Motivasi belajar; Qur’an-Hadits
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nada Auliya Sarasawitri
Date Deposited: 03 Feb 2023 14:34
Last Modified: 03 Feb 2023 14:34
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46118

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item