Rahmaniyah, Istighfarotur (2009) Konsep Jiwa dan Pendidikan Etika Islam Perspektif Ibnu Miskawaih. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110167.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (977kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Tujuan pendidikan berusaha membentuk pribadi berkualitas baik jasmani dan rohani. Dengan demikian secara konseptual pendidikan mempunyai peran strategis dalam membentuk anak didik menjadi manusia berkualitas, tidak saja berkualitas dalam aspek skill, kognitif, afektif, tetapi juga aspek spiritual. Hal ini membuktikan pendidikan mempunyai andil besar dalam mengarahkan anak didik mengembangkan diri berdasarkan potensi dan bakatnya. Melalui pendidikan anak memungkinkan menjadi pribadi soleh, pribadi berkualitas secara skill, kognitif dan spiritual. Etika maupun akhlak menjadi sesuatu yang sangat penting dan berharga bagi kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara, sudah tentu etika yang baik dan mulia (akhlaqul karimah). Mengingat dengan etika akan membentuk watak bangsa yang berkarakter dan memiliki jati diri. Pada masa Presiden Soekarno ketika itu, dalam setiap kesempatan senantiasa mengingatkan tentang arti pentingnya nation and character building (pembangunan bangsa dan karakter), karena dengan memiliki karakter, suatu bangsa akan dihargai dan diperhitungkan oleh bangsa manapun di dunia ini.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis memformulasikan masalah konsep jiwa dan pendidikan etika Islam perspektif Ibnu Miskawaih. Ibnu Miskawaih adalah seorang filosof Muslim yang memusatkan perhatiannya pada etika Islam. Meskipun sebenarnya ia pun seorang sejarahwan, tabib, ilmuwan, dan sastrawan. Pengetahuannya tentang kebuadayaan Romawi, Persia, dan India sangat luas, begitu juga tentang filsafat Yunani. Sehingga ia menampilkan dua pendapat pemikiran Yunani, yakni Plato dan Aristoteles yang kemudian ia selaraskan secara kompromi dan pada akhirnya, ia sandarkan pada syari’at Islam. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian library research.
Hasil dari penelitian ini meliputi aspek dasar etika dan ajaran pokok etika Islam. Konsep jiwa dan pendidikan etika Islam yang dikemukakan oleh Ibnu Miskawaih meliputi: 1. Dasar-dasar etika Islam; a. Konsep Manusia, b. Konsep Jiwa. 2. Ajaran pokok etika Islam; a. teori fadlai’l (keutamaan), b. teori kamal (kesempurnaan), c. teori sa’adah (kebahagiaan), d. teori khairat (kebaikan), e. teori mahabbah (cinta), f. aspek sosial. 3. Etika Islam dan pembinaannya, 4. Pendidikan etika Islam; a. Fungsi pendidikan, b. Tujuan pendidikan etika, c. Materi pendidikan etika, d. Ilmu yang dipelajari, e. Pendidik dan anak didik, f. Lingkungan pendidikan, g. Metodologi pendidikan.
Etika yang dipopulerkan oleh Ibnu Miskawaih ini adalah etika yang berdasarkan pada doktrin jalan tengah. Doktrin jalan tengah (al-wasath) yang dalam Bahasa Inggris dikenal dengan istilah The Doctrin of The Mean atau The Golden. Ibnu Miskawaih secara umum memberi pengertian pertengahan (jalan tengah) tersebut antara lain dengan keseimbangan, moderat, harmoni, utama, mulia, atau posisi tengah antara ekstrem kelebihan dan ekstrem kekurangan masing-masing jiwa manusia. Dari sini terlihat bahwa Ibnu Miskawaih memberi tekanan yang lebih untuk pertama kali buat pribadi.
Hasil pemaparan di atas diharapkan dapat dijadikan acuan untuk memperbaiki pendidikan etika pada zaman sekarang, karena doktrin jalan tengah Ibnu Miskawaih tidak hanya memiliki nuansa dinamis tetapi juga fleksibel. Oleh karena itu, doktrin tersebut dapat terus-menerus berlaku sesuai dengan tantangan zamannya tanpa menghilangkan nilai-nilai esensial dari pokok keutamaan etika. Jadi, dengan doktrin jalan tengah manusia tidak akan kehilangan arah dalam kondisi apapun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hady, M. Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Jiwa; Pendidikan Etika Islam; Ibnu Miskawaih | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 03 Feb 2023 14:34 | ||||||
Last Modified: | 03 Feb 2023 14:34 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46114 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |