Laila, Riris Lutfi Ni`matul (2010) Tujuan Pendidikan dalam Al Qur`An : Kajian Surat al Furqan ayat 63-77. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110132.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (745kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari hidup dan kehidupan manusia, karena pendidikan sendiri adalah media dalam membina kepribadian dan mengembangkan potensi yang dimiliki manusia. Salah satu komponen terpenting dalam pendidikan adalah penetapan tujuan pendidikan. Tujuan pendidikan bukanlah suatu benda yang berbentuk statis tetapi tujuan itu merupakan keseluruhan dari kepribadian seseorang yang berkenaan dengan aspek kehidupan. Sehingga dapat dikatakan tujuan pendidikan yang dibentuk tidak terlepas dari tujuan hidup manusia. Sebab pendidikan adalah suatu alat yang digunakan oleh manusia untuk memelihara kelanjutan hidupnya.
Berdasarkan hal tersebut, skripsi ini bertujuan untuk mengupas rumusan tujuan pendidikan yang terkandung dalam Al Qur`an Surat Al Furqan Ayat 63-77. untuk mencapai tujuan tersebut, ada beberapa pendekatan yang digunakan penulis, yaitu metode tematik, metode deduktif, metode induktif, metode komparasi, dan deskriptif. Sedangkan penelitian yang penulis lakukan adalah studi pustaka (library research), yaitu dengan menghimpun informasi dari bahan bacaan, seperti kitab-kitab klasik, buku-buku, majalah, dan sumber lain yang relevan dengan pokok bahasan, setelah itu dipelajari dan diteliti secara cermat kemudian data-data tersebut digeneralisasi serta dipilah-pilah berdasarkan kesesuaian dengan tema kajian, lalu data yang diperoleh dari hasil pemilahan tersebut, dianalisis secara mendalam dengan metode analisis isi (content analysis).
Hasil dari analisis penelitian ini menjelaskan bahwa tujuan pendidikan Islam yang dikehendaki sangat jauh berbeda dengan sasaran pendidikan di dunia Barat yang bercorak sekularistis. Tujuan pendidikan Barat yang lebih mengedepankan aspek intelektual peserta didik, serta mengasah kemampuan emosionalnya namun cenderung mengabaikan nilai-nilai keagamaan. Nilai-nilai spiritual tersebut cukup ditafsirkan sebagai hal yang natural dan manusiawi, sehingga tidak mendapatkan ruang dalam proses pendidikan. Rumusan tujuan yang ditawarkan pendidikan Barat tersebut tentu kurang mencakup terhadap keseluruhan aspek pertumbuhan/perkembangan anak didik yang hendak dibina menjadi manusia seutuhnya lahir dan batin. Sehingga Pendidikan Islam merumuskan kembali tujuan pendidikan melalui Surat Al Furqan ayat 63-77 yang tanpa mengabaikan nilai-nilai keagamaan dan lebih universal dibanding pendidikan Barat. Pembentukan kepribadian mulia bagi setiap peserta didiknya dan menjadi hamba Allah yang beriman dan bertakwa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zainuddin, M | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Tujuan Pendidikan; tafsir al-Furqan Ayat 63-77 | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 03 Feb 2023 14:34 | ||||||
Last Modified: | 03 Feb 2023 14:34 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46111 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |