Latifah, Aini (2009) Penerapan Mata Pelajaran Muthola’ah terhadap peningkatan kualitas siswa dalam membaca Al-Kutub Al-Turast: Studi kasus di Pondok Pesantren Putri Baitul Arqom Balung-Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110163.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (660kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Membaca merupakan kebutuhan yang sangat diperlukan dalam memenuhi kebutuhan zaman. Dengan membaca, terbukalah pintu komunikasi dalam menggali ilmu pengetahuan. Demikian dengan kemampuan membaca maupun menterjemahkan, siswa dapat menggali berbagai pengetahuan dari Al-Kutub Al- Turast. Karena bila seseorang tidak memiliki keterampilan membaca, ia akan tertinggal. Pembelajaran Muthola’ah yang ada di pondok pesantren putri Baitul Arqom Balung-Jember sangat membantu dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Kutub Al-Turast untuk memperluas di dalam memahami materi agama. Karena di era modern ini pengajaran bahasa Arab dirasa sangat penting karena sekarang sudah banyak sekali kitab-kitab agama Islam. Selain Al-Kutub Al-Turast, sekarang juga banyak buku-buku pendidikan, cerpen-cerpen islami, maupun komik islami yang berbahasa Arab. Di pondok pesantren putri Baitul Arqom Balung-Jember terkenal dengan pembelajaran bahasa Arab. Dari sisi penulis menyimpulkan untuk melakukan penelitian.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan mata pelajaran Muthola’ah di pondok pesantren putri Baitul Arqom Balung-Jember, untuk mendeskripsikan problematika dalam proses belajar mengajar mata pelajaran Muthola’ah di pondok pesantren putri Baitul Arqom Balung-Jember, untuk mendeskripsikan kualitas siswa membaca Al-Kutub Al-Turast di pondok pesantren putri Baitul Arqom Balung-Jember.
Untuk mengetahui penerapan mata pelajaran Muthola’ah terhadap peningkatan kualitas siswa dalam membaca Al-Kutub Al-Turast, penulis melakukan penelitian dengan menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif terhadap data hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini yaitu pertama, mata pelajaran Muthola’ah merupakan bagian dari kurikulum pelajaran bahasa Arab Pondok Pesantren Putri Baitul Arqom Balung-Jember, guru menempatkan siswa menurut kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing siswa. Lembaga maupun guru Muthola’ah mengupayakan berbagai hal demi kelancaran proses belajar-mengajar, seperti menambah perbendaharaan bahasa Arab, menganjurkan setiap siswa untuk berbicara bahasa Arab, menambah jam-jam pelajaran bahasa Arab, menggugah minat membaca bahasa Arab, dan menyediakan media pembelajaran. Dalam proses belajar-mengajar bahasa Arab guru mendapati siswa yang kurang menguasai bahasa Arab. Tetapi dalam proses belajar-mengajar mata pelajaran Muthola’ah guru tetap berusaha untuk mengajarkan siswanya yang kurang mampu agar tidak tertinggal dengan temannya yang lebih pintar, sehingga proses belajar-mengajar Muthola’ah tetap berjalan lancar. Kedua, problematika dalam proses belajar-mengajar Muthola’ah yaitu; media pembelajaran yang kurang lengkap seperti buku paket, kamus bahasa Arab dan literatur bahasa Arab lainnya. Kegiatan di luar sekolah (Organisasi Santriwati Baitul Arqom) yang menyita waktu siswa dalam menerima pelajaran di kelas dan latar belakang siswa (lulusan dari SD dan SLTP ) kurang menguasai bahasa Arab. Ketiga peningkatan kualitas siswa dalam memabaca Al-Kutub Al-Turast di Pondok Pesantren Putri Baitul Arqom Balung-Jember diantaranya adalah makin sering siswa membaca Al-Kutub Al-Turast, banyak kosakata bahasa Arab yang ia ketahui, bertambah dalam pengetahuan keagamaan yang ia ketahui dan yang makin tinggi kelasnya maka makin lancar dalam memabaca maupun memahami Al-Kutub Al-Turast dan siswa dapat lancar berkomunikasi dengan temannya memakai bahasa Arab dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asrori, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Mata Pelajaran Muthola’ah; Membaca | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 03 Feb 2023 14:34 | ||||||
Last Modified: | 03 Feb 2023 14:34 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46107 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |