Mastur, Mastur (2009) Upaya Kepala Sekolah dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kadur Pamekasan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110150.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (751kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk medeskripsikan upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kadur Pamekasan.
Penelitian ini adalah termasuk penelitian diskriptif kualitatif. Pengumpulan data, digunakan metode Observasi, Interview, dan Dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, digunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu berupa penggambaran dengan kata-kata atau kalimat yang di pisah-pisahkan menurut kategori data penelitian guna mendapatkan suatu kesimpulan, gambaran dengan kata- kata atau kalimat dengan cara induktif dan deduktif.
Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut; Kepala SMP Negeri 1 Kadur Pemkasan sudah berupaya dalam merumuskan tujuan pembelajaran, pertama merumuskan indikator yang mencantumkan subyek yang melakukan proses belajar mengajar kedua membuat tingkah laku sebagai indikator hasil belajar setelah subyek mengikuti proses belajar mengajar. ketiga menggambarkan dalam situasi dan keadaan subyek dalam mendemonstrasikannya, keempat mencantumkan standar kualitas dan kuantitas hasil belajar. Menggunakan metode pembelajaran dengan mengaitkan materi yang diajarkan dengan dunia nyata, mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya. Memilih metode CTL mencakup berapa aspek konstrutivisme, inquiri ,question learning commonity modeling, dan brainstorming. Menyediakan media pembelajaran, membeli dan meminjam media pembelajaran TV, kertas, Spidol, LCD. Memelihara media pembelajaran, membuat tempat khusus untuk media pembelajaran. Menyusun sistem penilaian, menyusun penialaian unjuk kerja dan check lits, teknik penilaian ini dalakukan dengan bentuk obsevasi, menyusun penilaian tertulis teknik penilaiannya ada dua bentuk soal tetulis dan memilih jawaban dan mensuplay jawaban, menyusun penilaian laporan pribadi teknik penilaiannya adalah menentukan kompetensi atau aspek kemampuannya yang akan dinilai, menetukan kriteria penilaian, merumuskan format penilaian dan peserta didik diminta menilai diri. Dan memilih sistem penilaian, memilih fortofolio. Adapun upaya kepala sekolah dan guru pendidikan untuk menunjang proses belajar mengajar pendidikan di SMP Negeri 1 kadur pamekasan adalah melakukan supervisi untuk ketertiban kurikulum guru perangkat mengajar sekaligus mengadakan evaluasi. Memanfaatkan media cetak atau media masa dan buku-buku perpustakaan. Mengadakan rapat dianas merannacang rencana pembelajaran dan silabus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nur, Muhamad Amin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Upaya; Proses Belajar Mengajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 14:44 | ||||||
Last Modified: | 02 Feb 2023 14:44 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46076 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |