Pertiwi, Rindia Cincinati (2010) Implikasi situs jejaring sosial (Facebook) terhadap prestasi belajar siswa kelas 2 SMA Maarif NU Pandaan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06130016.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Situs jejaring sosial faceebok adalah situs pertemanan atau jaringan sosial untuk menambah kawan dan silaturrahmi untuk teman yang mungkin lama tidak bertemu. Akhir-akhir ini banyak timbul akibat negatif dari para pengguna situs ini. Namun hal itu terjadi disebabkan kekalahan kita para pengguna tekhnologi untuk memanfaatkannya sebagaimana facebook itu diciptakan. Jadi bukan situsnya yang salah tapi penggunanya yang menyalahgunakan. Oleh karena itu gunakan cara-cara yang makruf atau baik dalam menjalankan aplikasi dari situs tersebut. Globalisasi tidak mungkin kita hindari dengan segala akibatnya, maka tugas kita untuk menyaring secara selektif terhadap pengaruh terutama pengaruh yang sifatnya bertentangan dengan norma agama dan masyarakat. Gunakan agama, pikiran bersih dan norma yang ada di hadapan kita dalam rangka menikmati fasilitas-fasilitas tekhnologi yang membuat kita semakin gampang, enak dalam hidup sehari-hari.
Prestasi belajar adalah hasil yang telah dicapai dari apa yang dilakukan dan dikerjakan dengan sungguh-sungguh. Prestasi belajar dapat dicapai dengan sebaik-baiknya apabila siswa atau orang yang menginginkan prestasi atas dirinya berusaha semaksimal mungkin sesuai dengan situasi yang ada juga harus disertai dengan kecermatan dalam melaksanakan tugas yang dihadapi , agar pekerjaan yang dilakukan tidak menyimpang dari aturan yang ditetapkan. Kemajuan tekhnologi yang terus berkembang merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi dan menurunkan prestasi belajar siswa. Sehingga siswa lebih banyak menghabiskan waktu hanya untuk menggunakan tekhnologi tersebut khususnya Facebook.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas 2 di SMA Ma’arif Pandaan. Jenis penelitian ini adalah peneltian kuantitatif deskriptif, tekhnik pengumpulan data berupa angket, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan dua variable yaitu variable terikat adalah prestasi belajar dan variable bebasnya adalah pengguna situs jejaring sosial Facebook. Untuk itu dalam penelitian ini tidak menggunakan hipotesis sehingga menggunakan rumus korelasi product moment, uji validitas, dan uji reliabilitas dan hasil wawancara sehingga dapat menunjang kevalidan datanya.
Dari hasil penelitian ini yang didapat dari perhitungan melalui rumus product moment dan dari hasil wawancara, maka dapat disimpulkan bahwa ternyata ada pengaruh dari penggunaan situs jejaring sosial facebook terhadap prestasi belajar siswa. Dan adanya pengaruh terhadap perilaku siswa yang menggunakan situs jejaring sosial (facebook).
Untuk itu disarankan agar menggunakan tekhnologi atau situs jejaring sosial (facebook) dengan baik dan benar sehingga tidak menimbulkan efek yang negatif bagi pengguna, baik dalam prestasi belajar ataupun perilakunya. Selain peran orang tua juga sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dan perilaku siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zainuddin, M | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Facebook; Prestasi belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 03 Feb 2023 14:30 | ||||||
Last Modified: | 03 Feb 2023 14:30 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46067 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |