Khunaini, Khunaini (2010) Konsep pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Surat Al-Alaq Ayat 1 sampai 5. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110244.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan merupakan bagian terpenting dalam kehidupan manusia, oleh karena itu dalam agama Islam, wahyu yang pertama kali diturunkan oleh Allah adalah wahyu yang menjelaskan dan menganjurkan untuk selalu meningkatkan kehidupan manusia dengan cara meningkatkan pendidikannya, pendidikan merupakan rangkaian kegiatan menuju adanya perubahan dalam kehidupan yang lebih berarti, sebagaimana tugas pendidikan sendiri, yaitu untuk mengoptimalkan potensi yang dianugerahkan Allah kepada manusia, sehingga manusia tidak hanya pintar dalam segi IQ saja, akan tetapi juga mengimbangi dengan potensi-potensi lain yang dimilikinya. Sedangkan pendidikan agama merupakan usaha yang berupa bimbingan dan asuhan terhadap peserta didik agar supaya memahami dan bisa mengamalkan ajaran-ajaran Islam serta menjadikanya sebagai way of live (pegangan hidup).
Berdasarkan uraian di atas, maka skripsi yang berjudul “Konsep Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Surat al-Alaq ayat 1 sampai 5” ini, akan menegaskan beberapa rumusan masalah sebagai berikut: a). Aspek pembelajaran apa saja yang terkandung dalam surat al-Alaq ayat 1 sampai 5, b). Bagaimana model Pembelajaran yang terkandung dalam surat al-Alaq ayat 1 sampai 5.
Dalam skripsi ini, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif dan bersifat induktif, yang berupa statemen-statemen atau pernyataan yang terdapat dalam beberapa tafsir al-Qur’an yang ada relevansinya dengan tema yang dikaji, sedangkan pendekatan yang penulis gunakan yaitu pendekatan sosio-historis, yaitu pendekatan yang menekankan pentingnya memahami kondisi-kondisi yang aktual ketika al-Qur’an diturunkan, yaitu memahami al-Qur’an dalam konteks sejarahnya dan keharfiyahannya, kemudian memproyeksikannya kepada situasi masa kini, serta membawa fenomena sosial ke dalam naungan tujuan-tujuan yang telah termaktub (tertulis) dalam al-Qur’an, dan teknik analisis data yang digunakan penulis yaitu teknik Content Analysis yaitu analisis ilmiah tentang isi atau pesan suatu komunikasi, secara teknis peneliti menganalisis data ayat-ayat al-Qur’an, hadits Nabi, dan buku-buku ilmiah yang mendukung pada ayat-ayat yang peneliti teliti.
Dari hasil penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan, secara garis besar konsep pembelajaran pendidikan agama Islam dalam surat al-Alaq ayat 1 sampai 5 terdapat beberapa poin, yaitu: a). aspek pembelajaran pendidikan agama Islam dalam surat al-Alaq ayat 1 sampai 5 mencakup, manusia sebagai subjek dan objek pembelajaran, belajar, manfaat, keseimbangan pendidikan jasmani dan rohani, ketauhitan (aqidah), alat atau media pembelajaran, metode dan teknik pembelajaran, tujuan, penguasaan karakter dan sifat pendidik dan peserta didik, tahap belajar, mengajar dan b). model pembelajaran pendidikan agama Islam dalam surat al-Alaq ayat 1 sampai 5 mencakup, model Increasing of Heart Question, yaitu adanya model pembelajaran untuk meningkatkan kecerdasan hati peserta didik, model active learning, dimana seorang peserta didik yang didorong untuk lebih aktif dalam proses dalam pembelajaran dan model Integral, yaitu perpaduan antara ilmu agama dan ilmu umum, yang tertera dalam ayat 1 dan ayat 2 dari surat al-alaq ayat 1 sampai 5 itu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ulum, Mohammad Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Konsep Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Surat Al-Alaq ayat 1 sampai 5 | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 14:43 | ||||||
Last Modified: | 11 May 2023 14:08 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46063 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |