Farida, Indah (2009) Penerapan Contextual Teaching and Learning dengan Metode Inquiri dalam meningkatkan Prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas II di MI Yaspuri Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140029.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (670kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah suatu pendekatan pembelajaran dan pengajaran yang mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai individu, anggota (keluarga, masyarakat dan bangsa). Dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), proses belajar mengajar akan lebih konkret, lebih realistis, lebih aktual, lebih menyenangkan, dan lebih bermakna. Proses belajar mengajar berpendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar (kualitas, kreativitas, produktivitas, efisiensi dan efektifitas). Dengan Contextual Teaching and Learning (CTL), siswa akan mampu memecahkan masalahnya sendiri, yang paling penting melakukan tugasnya sesuai dengan pengetahuan yang mereka miliki.
Inquiri berasal dari suatu ide yang komplek, yang berarti banyak hal bagi banyak orang, dalam banyak konteks. Inquiri adalah proses pembelajaran didasarkan pada pencarian dan penemuan melalui proses berfikir secara sistematis. Pengetahuan bukanlah sejumlah fakta hasil dari mengingat, akan tetapi hasil dari proses menemukan sendiri. Dengan demikian dalam proses perencanaan, guru bukanlah mempersiapkan sejumlah materi yang harus dihafal, akan tetapi merancang pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat menemukan sendiri materi yang dipahaminya. Belajar pada dasarnya merupakan proses mental seseorang yang tidak terjadi secara mekanis. Melalui proses mental itulah diharapkan siswa berkembang secara utuh baik intelektual, mental emosional maupun pribadinya
Proses belajar mengajar merupakan inti dari kegiatan pendidikan di sekolah. Disini guru sebagai pendidik memiliki peran yang sangat besar, disamping sebagai fasilitator dalam pembelajaran siswa juga sebagai pembimbing yang mengarahkan peserta didiknya sehingga mejadi manusia yang mempunyai pengetahuan luas baik pengetahuan agama, kecerdasan, kecakapan hidup, keterampilan, budi pekerti luhur dan kepribadian baik dan bisa membangun dirinya untuk lebih baik dari sebelumnya serta memiliki tanggung jawab besar dalam pembangunan bangsa.
Berpijak pada latar belakang diatas maka permasalahan yang timbul adalah: 1) Bagaimanakah penerapan contextual teaching and learning dengan metode inquiri dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran IPA kelas II MI di Yaspuri Malang. Adapun tujuan yang ingin diketahui dari permasalahan tersebut diatas adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimanakah penerapan contextual teaching and learning dengan metode inquiri dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran IPA kelas II MI di Yaspuri Malang
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif, desain yang digunakan adalah desain penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam pengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, metode dokumentasi dan metode interview, adapun yang menjadi responden adalah Kepala Madrasah, guru IPA kelas II dan siswa kelas II di MI Yaspuri. sedangkan untuk menganalisisnya penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati dan data hasil tes yang telah dilakukan, sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya ada dilapangan, disini penulis sertakan tabel sebagai pelengkap data.
Dari hasil analisa, menunjukkan bahwa penerapan contextual teaching and learning dengan metode inquiri dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas II MI di Yaspuri Malang telah dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan konsep pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yang ada, hal ini dapat dilihat dari persiapan, pelaksanaan (aplikasi) dan evaluasi yang dilakukan dalam kegiatan belajar mengajar dirancang dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulalah, Sulalah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Contextual Teaching and Learning; metode inquiri; Prestasi Belajar; IPA | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 14:40 | ||||||
Last Modified: | 02 Feb 2023 14:40 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46056 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |