Kusniah, Lailul (2009) Implementasi Cooperative Learning Model Numbered Heads Together dalam pembelajaran IPS pada Siswa Kelas IV di MI Yaspuri Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140027.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (739kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Memperhatikan tujuan dan esensi pendidikan IPS, sebaiknya penyelenggaraan pembelajaran IPS mampu mempersiapkan, membina, dan membentuk kemampuan siswa yang menguasai pengetahuan, sikap, nilai, dan kecakapan dasar yang diperlukan bagi kehidupan di masyarakat. Tujuan IPS akan tercapai jika didukung oleh iklim pembelajaran yang kondusif, karena iklim pembelajaran yang dikembangkan oleh guru mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap keberhasilan dan kegairahan belajar siswa. Kualitas dan keberhasilan pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan ketepatan guru dalam memilih dan menggunakan metode pembelajaran. Hingga aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa-pun dapat berkembang maksimal secara bersamaan tanpa mengalami pendistorsian salah satunya. Untuk itu peneliti menerapkan pendekatan cooperative learning model numbered heads together dalam proses pembelajaran IPS. Pembelajaran ini sebagai salah satu solusi untuk menjadikan pembelajaran lebih efektif terutama pada pelajaran IPS yang merupakan spesifikasi dari penelitian ini.
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi cooperative learning model numbered heads together dalam proses pembelajaran IPS pada siswa kelas IV di MI Yaspuri kota Malang.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) mengikuti model yang dikembangkan oleh Kemis dan Taggart. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif karena pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Yaspuri kota Malang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi cooperative learning model numbered heads together dalam pembelajaran IPS dapat mengoptimalkan proses pembelajaran, hal ini ditunjukkan oleh adanya perubahan pada antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran IPS, indikator yang dicapai adalah: Menunjukkan rasa ingin tahu yang tinggi, tampak bersemangat dalam mengerjakan tugas-tugas, berusaha mengerjakan tugas dalam waktu yang ditentukan, tampak gembira dan senang selama mengikuti pembelajaran. Selain itu, implementasi cooperative learning model numberd heads together dapat mempererat hubungan kerja sama antar siswa, saling menghargai argumen/ pendapat anggota kelompoknya, dan melatih tanggung jawab atas keputusan yang diambil.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ghony, M. Djunaidi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Implementasi; Cooperative Learning; Numbered Heads Together; IPS | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 14:40 | ||||||
Last Modified: | 02 Feb 2023 14:40 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46047 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |