Sari, Rista Kurnia (2010) Pengaruh program Full Day School terhadap peningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110234.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Selama ini banyak orang yang berpendapat bahwa untuk meraih keberhasilan diperlukan Kecerdasan Intelektual (IQ) yang tinggi. Namun, menurut hasil penelitian terbaru dibidang psikologi membuktikan bahwa IQ bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi keberhasilan seseorang, tetapi ada banyak faktor lain yang mempengaruhi. Di sini full day scholl dipilih sebagai terobosan program baru pendidikan.
Full Day School berasal dari bahasa Inggris, full artinya penuh, day artinya hari, school artinya sekolah. Full day school berarti sekolah sepanjang hari. Full day school adalah sekolah sepanjang hari atau proses belajar mengajar yang diberlakukan mulai pagi sampai sore hari, dari pukul 06.30-15.30 WIB. Dengan istirahat dua jam sekali. Dengan dimulainya jam sekolah pada pukul 06.30-15.30 WIB. Sekolah bisa leluasa mengatur jadwal pelajaran dan ditambah dengan model pendalamannya.Prestasi belajar berasal dari dua kata yaitu “prestasi dan belajar”. Sebelum kita mendefinisikan prestasi belajar, kita harus mengetahui arti dari masing-masing kata, agar kita dapat memahaminya lebih mendalam. Adapun definisi dari kata prestasi adalah hasil dari suatu kegiatan yang telah dikerjakan, diciptakan, baik secara individual maupun secara kelompok, prestasi tidak akan pernah dihasilkan selama seseorang tidak melakukan suatu kegiatan.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh program full day school terhadap peningkatan prestasi belajar pendidikan agama islam di MTsN Lumajang serta untuk mengetahui adanya faktor-faktor pendukung dan penghambat tercapainya prestasi belajar.
Penelitian ini dilakukan di MTsN Lumajang. variabel bebas dalam penelitian ini adalah kurikulum, sarana dan prasarana, guru, siswa sedangkan prestasi belajar sebagai variable terikat. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa full day school di MTsN LumajangMTs yaitu berjumlah 45 orang. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dan sample dimana populasi yang ada dijadikan sampel jumlahnya lebih dari 100. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh program full day school terhadap peningkatan prestasi belajar pendidikan agama islam di MTsN Lumajang.
Dalam pengumpulan data digunakan metode kuesioner/angket untuk mengukur pengaruh program full day school terhadap peningkatan prestasi belajar pendidikan agama islam di MTsN Lumajang sedangkan prestasi belajar belajar menggunakan nilai raport.
Hasil analisis validitas instrumen dengan rumus korelasi Product Moment dari Pearson berdasarkan pada taraf signifikan 0,05 diperoleh 15 item valid. Nilai koefisien reliabilitas yang diperoleh 0,7353 untuk variabel kurikulum, 0,8651 untuk variabel sarana dan prasarana, 0,7083 untuk variabel guru dan 0,8101 untuk variabel siswa dihitung dengan rumus Alpha Cronbach.
Diperoleh kesimpulan dari penelitian ini sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh secara bersama-sama kurikulum, sarana dan prasarana, guru dan siswa terhadap prestasi belajar siswa di MTsN Lumajang dengan sistem full day school karena diperoleh nilai signifikansi dari uji f dibawah 0,05. Sedangkan besarnya pengaruh secara bersama-sama kurikulum, sarana dan prasarana, guru dan siswa terhadap prestasi belajar siswa di MTsN Lumajang dengan sistem full day school sebesar 0,622 atau 62,2% sedangkan sisanya sebesar 37,8% diterangkan oleh faktor lain yang tidak masuk dalam persamaan. (2) Terdapat pengaruh secara parsial kurikulum, sarana dan prasarana, guru dan siswa terhadap prestasi belajar siswa di MTsN Lumajang dengan sistem full day school karena diperoleh nilai signifikansi dari uji t dibawah 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Aziz, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Program Full Day School; Prestasi Belajar PAI | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 14:43 | ||||||
Last Modified: | 02 Feb 2023 14:43 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46044 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |