Arfina, Dhuhria (2009) Penggunaan Metode jari tangan pada Perkalian Mata Pelajaran Matematika dalam meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Sunan Giri Kecamatan Jabung Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140078.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Banyak siswa berpendapat bahwa pelajaran matematika sukar dan menjemukan sehingga mereka kurang berminat mempelajarinya. Untuk mengatasi masalah ini guru harus menjadikan matematika sebagai suatu yang menarik dan menyenangkan sehingga anak didik menyukai pembelajaran matematika. Untuk itu guru harus menciptakan kegiatan-kegiatan yang menyebabkan siswa senang dan asyik dalam mempelajari matematika. Salah satu kegiatan yang dapat membuat siswa bersikap seperti itu adalah permainan. Permainan yang dimaksud adalah permainan yang mengandung unsur-unsur pelajaran matematika. Untuk lebih merangsang anak belajar operasi perkalian pada permulaan perlu diupayakan rangsangan-rangsangan belajar, seperti permainan yang ada relevansinya dengan pelajaran seperti tabel, sistem bilangan, dan menggunakan metode jari tangan sehingga anak akan lebih rajin dan termotivasi untuk belajar.
Rumusan masalah penelitian ini secara umum adalah bagaimana proses penggunaan metode jari tangan pada perkalian mata pelajaran matematika dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV MI Sunan Giri Kecamatan Jabung Kabupaten Malang. Dan tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan proses penggunaan metode jari tangan pada perkalian mata pelajaran matematika dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV MI Sunan Giri Kecamatan Jabung Kabupaten Malang.
Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Malang, tepatnya di MI Sunan Giri Kecamatan Jabung Kabupaten Malang. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research ). Tahap penelitian ini mengikuti model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart, yaitu berupa suatu siklus spiral yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) observasi; (2) wawancara; dan (3) dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan kemudian dianalisis. Data yang bersifat kualitatif yang terdiri dari hasil observasi dan dokumentasi dianalisis secara kualitatif, sedangkan data yang dikumpulkan berupa angka atau data kuantitatif, cukup dengan menggunakan analisis deskriptif dan sajian visual. Sumber data dari penelitian ini adalah satu kelas, yaitu siswa kelas IV MI Sunan Giri kecamatan Jabung kabupaten Malang.
Hasil penelitian ini yaitu; 1) Dengan menggunakan metode jari tangan pada perkalian, siswa kelas IV MI Sunan Giri Kecamatan Jabung Kabupaten Malang lebih giat belajar. Ini terbukti ketika pelajaran dimulai siswa langsung minta diberi soal, 2) Dengan penerapan metode jari tangan pada perkalian, siswa jadi aktif dan semangat dalam pembelajaran karena mereka tidak lagi takut jika ditanya perkalian, mereka akan sangat mudah dan cepat dalam menghitung perkalian tanpa harus mencontek, 3) Dengan penerapan metode jari tangan pada perkalian di kelas IV MI Sunan Giri Kecamatan Jabung Kabupaten Malang, antar guru dan siswa saling dapat pengalaman dan masukan karena dalam KBM keduanya saling bertukar informasi tentang perkalian. Banyak cara menggunakan metode jari tangan. Ada siswa yang sudah bisa mengalikan dengan metode jari tangan dengan cara lain yang berbeda dengan yang diajarkan guru yang. Walaupun berbeda caranya, hasilnya tetap sama. Jadi siswa lain dapat memakai berbagai cara yang mereka anggap paling mudah dimengerti dan dihafal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sahlan, Asmaun | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode jari tangan; Perkalian; Motivasi Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 14:40 | ||||||
Last Modified: | 02 Feb 2023 14:40 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46039 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |