Romlah, Romlah (2010) Ulul Albab dalam Al-Qur’an dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam masa kini. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110226.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan merupakan salah satu wadah untuk mengembangkan potensi yang ada dalam diri seseorang. Peserta didik merupakan salah satu komponen dari pendidikan. Peserta didik memiliki potensi-potensi yang mapan untuk dikembangkan. Adapun faktor yang dapat pengembangan potensi diri peserta didik adalah dirinya sendiri dan faktor diluar dirinya yang meliputi orang tua, lingkungan dan pendidikan. Fakta pendidikan yang tergambar saat ini menunjukkan adanya keterpurukan moral yang dimiliki oleh peserta didik. Hal ini dapat pula disebabkan oleh faktor interen peserta didik atau faktor diluar dirinya.
Kenyataan tersebut merupakan tugas besar yang harus diselesaikan oleh pendidikan Islam. Pendidikan Islam memiliki tugas untuk menciptakan peserta didik mengerti akan tujuan penciptaannya (Ibad) dan memahami tugasnya di bumi (Khalifah). Oleh karenanya pendidikan Islam seharusnya tidak hanya bersifat teoritik dan dogmatik, akan tetapi adanya pengenalan secara konseptual. Terutama hal-hal yang berkaitan dengan keilmuan yang harus dimiliki oleh peserta didik tersebut.
Mengingat sangat urgennya peran pendidikan bagi terbentuknya tabiat seorang peserta didik. Maka menjadi keharusan kepada seluruh elemen yang memegang kuasa pada sebuah instansi pendidikan untuk melibatkan pendidikan dalam al-Qur’an serta tafsirnya, baik secara teori terlebih dalam praktik. Karena sesungguhnya tujuan pendidikan Islam, adalah mencetak insan kaamil yang memiliki kecerdasan kognitif dan memiliki ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
Mengingat betapa penciptaan ‘aql yang cendikia bukanlah hal yang kecil dan mudah tercapai, maka muncullah Ulul Albab Dalam al-Qur’an yang dituangkan dari pemikiran atau ide tentang hal-hal yang berkaitan dengan pemikiran peserta didik yang difirmankan Allah dalam al-Qur’an, salah satunya adalah ayat-ayat tentang Ulul Albab.
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian library research, dengan sumber data primer al-Qur’anul Karim dan tafsir-tafsir yang berkaitan dengan ayat-ayat ulul albab. Sedangkan sumber data sekundernya adalah tafsir al-Qur’an tentang ayat-ayat Ulul Albab; Tafsir al-Misbah karangan M. Quraish Shihab, Tafsir al-Maraghi karangan Ahmad Musthafa al-Maraghi, Tafsir ringkasan Ibnu Katsir karangan Muhammad Nasib Ar-Rifa’I, Tafsir Al- Azhar karangan Haji Abdul Malik Abdul Karim Amrullah (Hamka), Tafsir Fii Dzilalil Qur’an karangan Sayyid Quthb, Tafsir Muyassar karangan ‘Aidh Al- Qarni, Tafsir Al-Qur’an Al-Aisar karangan Syaikh Abu Bakar Jabir Al-Jazairi, dan Tafsir Ayat-ayat Pendidikan karangan Abuddin Nata. Dan data-data lain yang berupa jurnal-jurnal, majalah dan data-data lain yang membicarakan tentang tema yang dituliskan dalam skripsi ini.
Hasil penelitian ini diharapkan mampu menggugah kesadaran umat Islam akan pentingnya suatu pendidikan yang dijelaskan oleh al-Qur’an melaui tafsirnya akan munculnya penelitian yang lebih mendalam dan integral tentang Ulul Albab dalam al-Qur’an dan relevansinya dengan pendidikan Islam masa kini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zainuddin, M | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Tarbiyah; Ulul Albab | ||||||
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 14:42 | ||||||
Last Modified: | 02 Feb 2023 14:42 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46035 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |