Risandika, Romai Angga (2009) Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru PAI dalam Kegiatan Belajar Mengajar di SMP Negeri 1 Kepung Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110138.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kegiatan Belajar Mengajar merupakan suatu proses atau kegiatan interaksi antara siswa sebagai pihak yang belajar dan guru sebagai transformator pengetahuan yang ada dalam satu kesatuan kegiatan yang tidak terpisahkan untuk mencapai tujuan tertentu. Interaksi dalam kegiatan belajar mengajar bukan hanya menyampaikan pesan berupa materi pelajaran, melainkan penanaman sikap dan nilai pada diri siswa yang belajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa guru memiliki peran yang sangat berpengaruh dalam kegiatan belajar mengajar, dalam hal ini guru dituntut memiliki kompetensi kepribadian yang baik. Dalam penelitian ini dibahas tentang bagaimana kompetensi kepribadian seorang Guru PAI dan bagaimana Kegiatan Belajar Mengajar yang berlangsung di SMP Negeri 1 Kepung Kabupaten Kediri, serta apakah ada pengaruh yang signifikan antara kepribadian guru PAI dalam Kegiatan Belajar Mengajar di sana. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Yaitu penelitian yang menggunakan prosedur pemecahan masalah yang menggunakan data angka dan diolah dengan perhitungan matematik dengan berbagai rumus statistik. Yang menjadi dasar dari penelitian kuantitatif ini adalah karena sebagian besar data yang dikehendaki dalam penelitian ini bersifat kuantitatif. Dalam pengumpulan data, metode yang digunakan adalah teknik observasi, dokumentasi, interview dan angket. Sedangkan analisis datanya menggunakan rumus Chi Kuadrat (χ2) dan Phi (φ) dalam menentukan adanya pengaruh antara kompetensi kepribadian guru PAI dalam Kegiatan Belajar Mengajar.
Dari hasil penelitian didapatkan data bahwa Kompetensi Kepribadian Guru Agama Islam di SMP Negeri 1 Kepung Kediri sudah baik. Hal ini terbukti dari observasi, interview, dokumentasi, serta angket yang disebarkan kepada 80 siswa di sana menyatakan baik sebanyak 75 siswa. Begitu juga dengan Kegiatan Belajar dan Mengajar PAI yang dilaksanakan di sekolah ini tergolong baik, terbukti dari hasil observasi, interview, dokumentasi, serta angket dari 80 siswa yang menyatakan baik adalah sebanyak 70 siswa. Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru PAI dalam kegiatan Belajar Mengajar dapat dilihat dari hasil nilai “r” hasil rumusan product moment dengan perhitungan melalui rumus φ dihasilkan nilai 0,37084, hasil dari Phi (φ) ini dikonsultasikan dengan nilai “r” tabel product moment yang tersedia. Diketahui pada df=80, rtabel pada taraf signifikan 5% adalah 0,217 , dan pada taraf siginifikan 1% adalah 0, 283. Dengan demikian Phi (φ) yang berasal dari perubahan atas KK tersebut lebih besar dari pada Phi (φ) yang berada di tabel, baik dengan signifikasi 5% maupun 1%, sehingga hipotesis nol ditolak, artinya ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru PAI dengan Kegiatan Belajar Mengajar PAI di SMP Negeri 1 Kepung Kabupaten Kediri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ghony, M. Djunaidi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kompetensi Kepribadian Guru PAI; Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 11:04 | ||||||
Last Modified: | 02 Feb 2023 11:04 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46033 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |