Sari, Amalia Putri Hananta (2010) Penggunaan internet sebagai sumber belajar untuk meningkatkan prestasi belajar siswa akselerasi kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110220.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (426kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Salah satu cara agar tujuan pembelajaran tercapai adalah penggunaan metode yang tepat, dan juga penggunaan media di dalam setiap pembelajaran sehingga dapat memberikan pengaruh positif terhadap proses kegiatan belajar mengajar.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa perubahan yang signifikan terhadap berbagai dimensi kehidupan manusia, perubahan itu berdampak pada kemajuan bidang ekonomi, budaya, sosial, maupun bidang pendidikan. Dalam proses pembelajaran yang baik, dibutuhkan media penunjang yang maksimal karena dengan adanya media pembelajaran akan lebih memudahkan para pengajar untuk memberikan pengertian dan pemahaman yang baik kepada peserta didik. Hasil belajar juga pasti akan berbeda antara adanya bantuan dari media sebagai sumber belajar dengan tnpa adanya bantuan apapun. Dan adanya bantuan penggunaan media pembelajaran secara maksimal maka diharapkan prestasi belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dapat meningkat secara maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah proses pembelajaran pendidikan agama Islam melalui penggunaan internet sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI-akselerasi di SMAN 1
Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas untuk memperbaiki atau meningkatkan kegiatan pembelajaran, subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI- akselerasi yang berjumlah 18 siswa di SMAN 1 Malang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara, metode observasi, metode dokumentasi, data kegiatan pembelajaran yang diambil dengan menggunakan lembar pengamatan serta data hasil belajar yang diambil dengan memberikan pre tes dan tes hasil setelah pembelajaran dianalisis secara deskriptif dengan mencatat nilai hasil belajar siswa sehingga dapat di ketahui presentase keberhasilan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan internet memberikan banyak kontribusi diantaranya mudahnya siswa dalam mengakses tugas yang diberikan, siswa menjadi lebih mandiri dan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan dari proses belajar siswa kelas XI-akselerasi maka diperoleh siklus I sebesar 13,09%, dan siklus II sebesar 28,87%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ali, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Internet; Sumber Belajar; Prestasi Belajar | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 10:56 | ||||||
Last Modified: | 02 Feb 2023 10:56 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46032 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |