Mariyam, Mariyam (2009) Meningkatkan minat belajar siswa melalui penerapan Mind Map pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN Malang III Gondanglegi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110136.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Sejarah Kebudayaan Islam merupakan Mata Pelajaran Agama yang diajarkan pada setiap jenjang pendidikan. Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berisi sejarah-sejarah kerajaan-kerajaan islam terdahulu yang dapat diambil ibrahnya oleh pendidik dan siswa sebagai anak didik. Hal ini dikarenakan pada saat ini masih ada peninggalan-peninggkan sejarah masa lalu yang dapat dinikmati. Namun yang menjadi masalah adalah keengganan peserta didik untuk mempelajari sejarah Islam, padahal sebenarnya sejarah adalah suatu hal yang penting untuk diketahui.
Untuk menjadikan sejarah lebih menarik siswa untuk belajar, perlu diawali dalam cara menyampiakannya. Pada saat ini sudah banyak strategi atau metode belajar yang dapat menarik siswa untuk belajar, salah satunya adalah dengan menggunakan Mind Map. Mind Map merupakan salah satu strategi kreatif dalam mencatat sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Dengan munculnya rasa senang inilah diharapkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran sejarah dapat ditingkatkan.
Mengarah pada Permasalahan di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana proses meningkatkan minat belajar siswa melalui penerapan Mind Map pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN Malang III Gondanglegi?
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (class-room action research) yang mengikuti model lewin yang telah ditafsirkan oleh kemmis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberikan angket pada siswa pada saat pre tes dan pada setiap akhir siklus I dan II.
Berdasarkan data yang dihasilkan oleh peneliti melalui pemberian angket, penerapan Mind Map terbukti dapat meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajarn Sejarah Kebudayaan islam. Hasil angket yang diberikan kepada 43 siswa menunjukkan bahwa pada saat pre tes siswa yang minat belajarnya tinggi hanya terdapat 5 orang, pada siklus I terdapat peningkatan menjadi 12 orang, dan pada siklus ke II juga terdapat peningkatan dengan penambahan volume menjadi 15 orang. Dari sisni terbukti bahwa penerapan Mind Map dapat meningkatkan Minat belajar siswa, meskipun masih dirasa kurang maksimal karena masih belum mencapai 50 % dari jumlah siswa, tapi sudah terdapat indikator bahwa penerapan Mind Map ini dapat meningngkat Minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Samsul, Hady | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Minat Belajar Siswa; Sejarah Kebudayaan Islam; Mind Map | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 10:41 | ||||||
Last Modified: | 02 Feb 2023 10:41 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46028 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |