Laili, Hikmatul (2009) Pelaksanaan pendidikan moral di PP. Al-Amanah Al-Fathimiyyah Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110131.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kenyataan yang ada saat ini, masyarakat dan bangsa Indonesia dihadapkan dengan berbagai persoalan yang mendesak, krisis nilai, terancamnya kepribadian bangsa, serta dekadensi moral semakin hari semakin sering kita dengar, ironisnya lagi, moralitas dan mentalitas umat sudah banyak yang terkena virus barat yang liberal, jauh dari norma-norma dan tuntunan agama. Perzinahan, pergaulan bebas, hamil di luar nikah, aborsi, dan segudang immoralitas lainnya adalah bukti nyata. Realitas ini sungguh sangat menyedihkan ibarat jatuh ketimpa tangga pula. Umat yang katanya ya’lu wa la yu’la ‘alaihi namun secara faktual justru sebaliknya. Dalam upaya memecahkan berbagai masalah tersebut, masyarakat dan pemerintah mengharapkan pondok pesantren sebagai lembaga keagamaan yang memiliki multifungsi; pesantren sebagai lembaga ritual, lembaga pembinaan moral, lembaga dakwah, serta institusi pendidikan Islam. Dalam hal ini pesantren bisa dijadikan pijakan untuk membentuk kepribadian santri yang seutuhnya, ini dapat dilihat dari pandang keterpaduan antara aspek perilaku dan intelektual yang mempunyai andil sangat besar dalam membentuk kepribadian, memantapkan akhlak santri.
Fokus penelitian ini adalah Pelaksanaan Pendidikan Moral di PP. Al- Amanah Al-Fathimiyyah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Rumusan masalahnya adalah bagaimana pelaksanaan pendidikan moral berbasis kitab kuning di PP. Al-Amanah Al-Fathimiyyah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, apa factor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan moral di PP. Al-Amanah Al-Fathimiyyah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisis data digunakan metode deskriptif kualitatif artinya peneliti berupaya menggambarkan kembali data-data yang terkumpul mengenai pelaksanaan pendidikan moral berbasis kitab kuning di PP. ِAl-Amanah Al- Fathimiyyah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang.
Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa (1) pelaksanaan pendidikan moral di PP. Al-Amanah Pelaksanaan pendidikan moral yang berdasar pada kitab kuning yang diterapkan di PP. Al-Amanah Al-Fathimiyyah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang dimulai dengan mengajarkan ilmu-ilmu agama sebagai dasar pembekalan akhlak dengan pengkajian kitab-kitab kuning, kemudian diaplikasikan dalam kegiatan-kegiatan pondok yang telah diprogramkan oleh pengurus, seperti, sholat tahajjud, sholat berjama'ah, dzikir, yang dilakukan secara rutin (pembiasaan). 2) faktor pendukung dalam pendidikan moral santri ini adalah; Keseriusan, kesungguhan pengasuh dalam mendidik santri, kekompakan pengurus dalam menjalankan tugas, pemahaman santri terhadap pentingnya moral yang baik yang dibuktikan dengan ketertiban santri dalam melakukan kegiatan kependidikan, kesadaran warga didalam memandang kegiatan itu sebagai suatu kebutuhan yang diwujudkan dalam bentuk tanggung jawab dalam melaksanakan setiap kegiatan pondok, semangat dari santri dalam mempelajari pelajaran yang telah diajarkan di pondok sehingga dapat diterima dengan baik dan tidak perlu waktu yang terlalu lama dalam menjelaskan, kerja sama antar pengurus baik baik Bp Pondok atau Bp wihdah didalam menjalankan program masing-masing, sedangkan faktor penghambat dari pendidikan moral santri adalah; adanya beberapa santri kecapean setelah melakukan aktivitas lain yang terlalu padat jadinya tidak bisa konsentrasi dalam mengikuti pelajaran yang sedang diajarkan, kurangnya komunikasi antara pengurus dan santri, kekurang fahaman santri akan tujuan program (kegiatan) di pondok, tidak merasa butuh terhadap ilmu tentang moral, kurangnya kepedulian keluarga dalam mendukung proses kegiatan di pondok, kurangnya konsolidasi salah satu/ beberapa pengurus dalam menjalankan program yang direncanakan, ketidaksadaran beberapa warga dalam menanggapi kenyataan itu.
Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui persepsi masyarakat tentang pelaksanaan pendidikan moral di PP. Al-Amanah dalam mendidik moral santri dengan metode kuantitatif agar bisa mendapatkan data yang lebih akurat dan valid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mujab, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pondok Pesantren; Pendidikan Moral | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 10:46 | ||||||
Last Modified: | 07 Jul 2023 14:24 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46006 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |