Ilmah, Khoiro (2009) Penerapan Pendekatan Contextual Teaching Learning dengan Metode Inkuiri pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X B di MAN Malang II Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110126.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan Aqidah Akhlak di sekolah telah mengalami kegagalan. Pendekatan dan metode belajar yang digunakan tampak masih ”klasik”, dalam arti masih mewariskan sejumlah materi pelajaran yang diyakini benar untuk disampaikan kepada anak didik tanpa memberikan kesempatan kepada mereka agar disikapi secara kritis. Metode yang digunakan masih bercorak menghafal, mekanis dan lebih mengutamakan pengkayaan materi. Peserta didik kurang diberi kesempatan untuk memberi alternatif jawaban-jawaban tertentu yang dapat menumbuhkembangkan kreativitasnya.
Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan merubah pendekatan dan metode dalam kegiatan belajar mengajar yang ada selama ini, dimana guru selalu diposisikan sebagai satu-satunya sumber meraih informasi (teacher centered) dan siswa bersikap pasif dalam mencari dan mengolah informasi tersebut, dengan membiasakan siswa secara kreatif (student centered) siswa mengkontruksi sendiri pemahamanya melalui kegiatan belajar mereka. Dan pendekatan Contextual Teaching Learning dengan metode inkuiri merupakan salah satu alternatif untuk melakukan perubahan tersebut. Dengan penggunaan metode seperti ini diharapkan membantu melatih siswa untuk lebih peka terhadap dirinya dan lingkunganya, serta secara kreatif dapat mengkontruksi pemahamannya dengan lebih baik sehingga meteri pelajaran Aqidah Akhlak dengan mudah diinternalisasikan dan dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa.
Berangkat dari permasalahan di atas, maka secara umum permasalah yang merumuskan dalam penelitian ini yaitu, bagaimana pola penerapan pendekatan Contekstual Teaching Learning dengan metode inkuiri pada mata pelajaran Aqidah Akhlak yang dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X B di MAN II Kota Batu? Apakah hasil penerapan pendekatan Contekstual Teaching Learning dengan metode inkuiri pada mata pelajaran Aqidah Akhlak dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X B di MAN II Kota Batu?
Penelitian ini dilakukan di MAN II Kota Batu. Dengan desain penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) jenis kolaboratif. Tahap penelitian ini mengikuti model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart, yaitu berupa suatu siklus spiral yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) observasi; (2) pengukuran tes hasil belajar; dan (3) dokumentasi.
Data yang bersifat kualitatif yang terdiri dari hasil observasi dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data yang berupa angka atau data kuantitatif cukup dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan sajian visual.
Berdasarkan hasil yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dengan metode inkuiri pada mata pelajaran Aqidah Akhlak dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X B di MAN II Kota Batu. Peningkatan ditandai dengan meningkatnya kemampuan siswa untuk mencetuskan suatu gagasan yang unik atau asli (keaslian), membuat suatu pertanyaan atau jawaban yang bervariasi (fleksibel), memperinci dan mengembangkan suatu gagasan (elaborasi), serta mengemukakan (ekspresif). Peningkatan motivasi ditandai dengan meningkatnya keingintahuan siswa untuk lebih mendalami mata pelajarannya, sedangkan peningkatan prestasi belajar ditandai dengan hasil ulangan hariannya. Jumlah nilai rata-rata peningkatan motivasi siswa, yang semula dalam pre test sebesar 1,7 meningkat 2,3 atau sebesar 35,29% pada siklus I. Pada siklus II, meningkat menjadi 2,5 atau sebesar 8,69%. Sedangkan pada siklus III, meningkat menjadi 3 atau sebesar 20%. Jumlah nilai rata-rata peningkatan prestasi belajar siswa meningkat menjadi 81 atau sebesar 2,14% pada siklus I. Pada siklus II meningkat menjadi 87,5 atau sebesar 8%. Pada siklus III, meningkat menjadi 93,9 atau sebesar
7,31%.
Dari hasil penelitian ini, peneliti memberikan beberapa saran sebagai bahan pertimbangan, antara lain: bagi guru Aqidah Akhlak, agar dalam penerapan pendekatan kontestual dengan metode inkuiri benar-benar efektif, guru harus secara konsisten menerapkan metode inkuiri, menggunakan media belajar, berusaha untuk mengubah kebiasaan belajar siswa dengan memberi pengertian tentang metode inkuiri, memodifikasi kegiatan belajar dengan cara mengoerganisir siswa untuk melakukan inkuiri secara kelompok, memberi variasi berupa simulasi, stimulus berupa hadiah (reward), dan pemberian motivasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendekatan Cotextual Teaching Learning; Metode Inkuiri; Aqidah Akhlak; Motivasi; Prestasi Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 10:46 | ||||||
Last Modified: | 02 Feb 2023 10:46 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45985 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |