Nashihah, Qurroti A’yunin (2010) Kinerja Kepala Madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kandangan Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110129.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Faktor utama dalam pembentukkan pribadi manusia adalah pendidikan. Menyadari akan hal tersebut, pemerintah sangat serius menangani bidang pendidikan. Dengan sistem pendidikan yang baik diharapkan muncul generasi penerus bangsa yang berkualitas dan mampu menyesuaikan diri untuk hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Salah satu usaha untuk menciptakan sistem pendidikan yang baik adalah dengan meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Peningkatan kompetensi pedagogik guru ini tidak cukup hanya dengan kemampuan guru sendiri, namun kepala madrasah mempunyai peran penting. Dalam hal inilah pentingnya peran kepala madrasah sebagai supervisor. Supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah sangatlah penting untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dan meningkatkan mutu pendidikan. Kepala Madrasah Aliyah Negeri Kandangan telah terbukti dapat melaksanakan peranannya sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari standar proses pelaksanan serta peningkatan kompetensi pedagogik guru yang telah dicapai. Oleh karena itu peneliti merasa penting melaksanakan penelitian ini guna mengetahui bagaimanakah kinerja kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru sehingga dapat memperoleh keberhasilan tersebut.
Dalam pembahasan skripsi ini menggunakan dua pendekatan yakni pendekatan teoritis dan pendekatan empiris. Dalam pendekatan teoritis penulis menggunakan penelitian yaitu dengan membaca dan menganalisis buku-buku yang relevan dengan judul skripsi ini. Sedangkan pendekatan empiris penulis menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Strategi penelitian dengan menggunakan teknik wawancara dengan kepala sekolah dan angket pada guru. Untuk memaparkan dan temuan hasil penelitian dan menganalisis data yang diperoleh penulis menggunakan deskriptif kualitatif yang didukung dengan data berupa angka-angka prosentase hasil angket. Setelah data terkumpul, penulis melakukan analisis data dengan menggunakan deskriptif kualitatif untuk data bersifat kualitatif dan metode statistic prosentase untuk data bersifat kuantitatif. Dalam analisis ini penulis juga melaksanakan pengecekan keabsahan data dengan teknik triangulasi.
Dari hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan prosentase angket dan hasil wawancara bahwa pelaksanaan supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru dapat terlaksana dengan baik, baik dalam proses persiapan, pelaksanaan maupun evaluasi pembelajaran. Adapun kinerja yang telah dilaksanakan oleh kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru adalah dengan melaksanakan pendidikan in-service, pertemuan guru, penataan personalia, pembinaan disiplin, pemberian motivasi dan penghargaan kepada guru. Adapun faktor yang mempengaruhi peningkatan kompetensi pedagogik guru guru adalah kesiapan mental, dana, dan waktu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asrori, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kepala Sekolah Sebagai Supervisor; Kompetensi Pedagogik Guru; | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 10:56 | ||||||
Last Modified: | 02 Feb 2023 10:56 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45984 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |