Prabawati, Ainul Ati' (2011) Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan keterampilan mengenal pecahan pada pembelajaran matematika Siswa Kelas 3 Mi Nurul Huda Mulyorejo Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140092.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (849kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Matematika merupakan ilmu yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat umum sering kali ilmu ini dipahami dengan cara yang salah. Ilmu ini sering kali sekedar dipahami sebagai rumus-rumus yang sulit sehingga banyak siswa yang kurang menyukainya. Matematika memang merupakan ilmu yang mengkaji obyek abstrak dan mengutamakan penalaran deduktif. Sifat ilmu matematika yang demikian itu tentu saja akan menimbulkan kesulitan bagi anak-anak usia Sekolah Dasar (SD) yang mempelajari matematika. Secara umum kenyataan ini dapat dilihat dari hasil rata-rata nilai Ujian Akhir Semester (UAS) khususnya pada mata pelajaran matematika masih memprihatinkan. Oleh karena itu berbagai upaya untuk meningkatkan mutu pelajaran khususnya mata pelajaran matematika terus dilakukan. Upaya itu antara lain penggunaan metode dan alat peraga yang tepat. Disamping itu faktor lain yang mempengaruhi keterampilan adalah dari dalam diri siswa maupun dari luar siswa.
Berdasarkan latar belakang maka permasalahan yang tibul adalah: (1). Bagaimana perencanaaan metode demonstrasi dalam pembelajaran matematika MI Nurul Huda kelas III?,(2). Bagaimana pelaksanaan metode demonstrasi dalam pembelajaran matematika MI Nurul Huda kelas III?, (3). Bagaimana penilaian metode demonstrasi dalam pembelajaran matematika MI Nurul Huda kelas III?.
Hasil penelitian ini bertujuan untuk: (1). Mengetahuai perencanaaan metode demonstrasi dalam pembelajaran matematika MI Nurul Huda kelas III, (2). Mengetahui penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran matematika MI Nurul Huda kelas III, (3). Mengetahui penilaian metode demonstrasi dalam pembelajaran matematika MI Nurul Huda kelas III.
Penelitian ini tergolong penelitian tindakkan kelas (PTK) dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Sebab dalam melakukan tindakan kepada subjek penelitian yang diutamakan adalah mengungkap makna: yakni makna dan proses pembelajaran sebagai upaya meningkatkan keterampilan siswa melalui tindakan yang dilakukan.
Hasil penelitian ini adalah:penerapan model pembelajaran Demonstrasi pada mata pelajaran matematika kelas III B MI Nurul Huda
Mulyorejo Malang, sangat cocok dilakukan karena hasil yang dapat disimpulkan dari lembar observasi tentang peningkatan keterampilan mengenal pecahan adalah pada siklus I 23,4.%, siklus II 36,2 dan siklus III 27,7, Pada siklus I dengan perolehan nilai rata-rata 43,7 dan pada siklus II nilai rata-rata 52,9 ,dan pada siklus III nilai rata-rata 9,09, jadi peningkatan sebesar 19 point.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perencanaan tindakan dalam kegiatan penilaian yang dicapai siswa hanya mencapai rata- rata kelas. Sedangkan pada tahap pelaksanaan tindakan menunjukkan bahwa:
ABSTRACT
Mathematics is a science that is essential in public life often science is understood in the wrong way. Science is often understood as simply formulas that are difficult, so many students are lacking love. Mathematics is a science that examines the object of an abstract and deductive reasoning priority. The nature of mathematical science such a course would cause difficulties for children elementary school age (SD) who studied mathematics. In general, this fact can be seen from the average value of Final Examination Semester (UAS), particularly on the subjects of mathematics is still a concern. Therefore, efforts to improve the quality of lessons, especially the subjects of mathematics continues to be done. These efforts include the use of methods and appropriate props. Besides other factors that affect the skills students are from within or from outside the student.
Based on the background of the problems that arise are: (1). How to plan a demonstration method in teaching mathematics class III MI Nurul Huda?, (2). How is the implementation of the demonstration method in teaching mathematics class III MI Nurul Huda?, (3). Demonstration of how the assessment method in teaching mathematics class III MI Nurul Huda?.
The results of this study aims to: (1). Knowing plan demonstration method in teaching mathematics MI Nurul Huda class III, (2). Know the implementation of the demonstration method in teaching mathematics MI Nurul Huda class III, (3). Knowing the assessment of the demonstration method in teaching mathematics MI Nurul Huda class III.
The research was classified as a class action research (PTK) and the research approach used was qualitative descriptive research approach. For in doing the research subjects who preferred is to reveal the meaning: the meaning and the learning process as an effort to improve students' skills through action taken.
The results of this study are: the application of learning models in mathematics courses Demonstration Class III B MI Nurul Huda Mulyorejo Malang. is perfectly done because the results can be inferred from the observation sheet to know about increasing skills on cycle I fraction was 23.4.%, Cycle II 36.2 and 27.7 III cycle, the cycle I with an average acquisition value of 43.7 and the second cycle the average value of 52.9, and the third cycle the average value of 9.09, so an increase by 19 point.
From the results of research can be concluded that the action planning assessment activities in which students achieved only at an average grade. While at this stage of the implementation of measures showed that:
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Penerapan Metode Demonstrasi; Keterampilan Mengenal Pecahan dan Pembelajaran Matematika; Demonstration Application Methods; Skills and Learning Mathematics Understanding Fractions | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 10:46 | ||||||
Last Modified: | 02 Feb 2023 10:46 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45982 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |